PEKANBARU - Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Riau, Sunaryo mengaku siap untuk ikut bertarung di perebutan Ketua DPW PAN Riau periode 2020-2025 dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) akhir Juli 2020 mendatang.

Sunaryo mengaku tak gentar jika nantinya harus berhadapan dengan nama-nama sekelas Alfedri dan Irwan Nasir. Yang mana keduanya masih menjabat sebagai kepala daerah di Siak dan Irwan yang juga kepala daerah di Kepulauan Meranti sekaligus incumbent.

Dijelaskan Sunaryo, semua kader PAN berhak maju dalam perebutan Ketua DPW PAN Riau. Tidak ada persyaratan misalnya harus menjabat kepala daerah atau sebagainya.

" Tanggal 14 Juli Steering Committee (SC) sudah buka pendaftaran, kan sudah ada persyaratan tertentu, itu tidak harus Bupati," ujar Sunaryo kepada GoRiau.com Minggu (12/7/2020).

Disinggung mengenai apakah dirinya akan ikut maju, Sunaryo tak membantah. Namun ia terlebih dahulu ingin melihat dinamika yang akan terjadi nantinya.

"Kita lihat dulu nanti, kalau syarat memenuhi kenapa tidak?" tambahnya.

Adapun mekanisme pendaftaran, lanjut Sunaryo, setelah pendaftaran dan penjaringan oleh DPW PAN Riau ditutup, nama-nama ini akan diusulkan ke tingkat DPP.

Dari DPP akan melakukan penjaringan lagi sehingga muncul nama yang akan menjadi Calon Ketua DPW PAN periode 2020-2025. Biasanya nama yang dikirim DPP ada sekitar 4 nama.

"Normalnya empat nama, setelah itu baru dipilih oleh peserta Muswil, yang 280 orang itu," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Steering Committee (SC) Muswil PAN Riau, Tengku Zulmizan Assegaf mengatakan, pelaksanaan Muswil ke VI ini dilakukan mengingat masa jabatan pengurus DPW PAN Riau 2015-2020 sudah habis.

Disampaikan Zulmizan, berdasarkan Keputusan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PAN tahun 2020, telah ditetapkan bahwa DPW PAN seluruh Indonesia diminta menyelenggarakan Muswil paling lambat bulan Juli tahun 2020 ini.

"Berdasarkan Rapat Harian DPW PAN Provinsi Riau tanggal 4 Juli 2020, telah ditetapkan bahwa Muswil VI PAN Riau akan dilaksanakan 29 Juli 2020," kata Zulmizan, Selasa, 7 Juli 2020.***