CIKARANG - Seleksi untuk tim nasional Indonesia U19 memasuki hari ketiga, pasukan Gong Oh Kyun serta asistennya, Nova Arianto dan juga Sahari Gultom, terus memantapkan kemampuan, dengan beberapa latihan dan gim internal yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Rabu (15/1/2020) sore.

Jajaran pelatih tersebut masih diawasi secara langsung oleh Manajer dan pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae Yong. Mereka membagi kedalam tiga tim yang masing-masing bertemu untuk adu ketangkasan mengolah si kulit bundar.

Shin Tae Yong mengaku puas melihat perkembangan para pemain seleksi. Mereka menunjukkan progres yang terus meningkat dan membaik dari dua hari sebelumnya.

“Pertama kali yang saya lihat adalah kemampuan masing-masing pemain dan  memang pastinya dilihat juga pengorbanan diri dan daya juang mereka di lapangan. Itu yang akan terus dilihat dan dipantau hingga Jumat nanti,” buka Shin usai latihan.

Dalam sesi seleksi kali ini, terlihat wajah baru, dia adalah Irfan Jauhari yang pada kompetisi Elite Pro Academy U18 tahun lalu tampil sebagai pencetak gol terbanyak untuk timnya, Bali United U18. Irfan tergabung di tim kuning yang dikomandoi oleh Indra Sjafri, tampil baik saat melawan tim merahnya Nova Arianto.

Shin Tae Yong mengatakan, dalam sesi gim internal ini ada peluang terbuang, “Namun untuk saat ini saya tak dapat memperbaiki itu semuanya karena ini masih dalam tahap seleksi untuk menentukan 30 orang. Berikutnya, mungkin baru kami bisa mencari kesalahan-kesalahan yang bisa diperbaiki setelah TC berikutnya,” jelasnya.

Shin juga mengutarakan filosofi sepak bola yang dibawanya. “Saat ini belum bisa saya terapkan, namun saya memang suka permainan sepak bola praktis maksudnya, dengan mengandalkan umpan-umpan pendek dengan sesekali long pass. Tim juga harus bisa membuat pertandingan selalu menang dan sampai TC Thailand pun akan siap-siap untuk perbaiki itu semua yang ada saat ini secara perlahan-lahan,” tuturnya.

Sementara itu, disisi pemain, Rizky Ridho mewakili teman-teman yang lainnya, mengatakan gaya kepelatihan dari Shin Tae Yong itu tegas, dia ingin para pemain bisa berjuang, punya daya tempur yang bagus diatas lapangan.

Coach Shin juga selalu mengingatkan kami, untuk terus berkomunikasi dengan sesama pemain, kami harus paham dan tahu posisi pemain lain. Yang jelas tidak ada masalah, sesuai pesan pelatih kami sebelumnya, kami harus bisa langsung beradaptasi, siapapun pelatihnya. Dan selalu mengambil pelajaran dari pelatih manapun,” kata Ridho.

Proses seleksi untuk tim nasional Indonesia U19, akan berakhir pada Jumat (17/01/2020). Nantinya pemain yang lolos seleksi akan dikerucutkan menjadi 30 nama dan akan melanjutkan pemusatan latihan di Thailand. Tim ini dipersiapkan untuk mengarungi turnamen AFF U19 yang akan berlangsung di Indonesia beberapa bulan ke depan. ***