SELATPANJANG - Sejak masuk tahapan pendaftaran Parpol calon peserta Pemilu 2019 tanggal 3 Oktober 2017, baru Perindo yang datang ke KPU Kepulauan Meranti. Serentak se Indonesia, Perindo menyerahkan KTP dan KTA ke KPU, Senin (9/10/2017).

Di Kepulauan Meranti, penyerahan berkas KTP dan KTA oleh LO atau petugas penghubung Rahmat Arifin didampingi Hotlan Simanjuntak, Wakil Sekretaris eksternal DPW Perindo Riau .

Kata Hotlan, berdasarkan koordinasi partai dengan KPU Pusat, maka pendaftaran serentak se Indonesia dilakukan tanggal 9 Oktober 2017. Pendaftaran serentak ini agar lebih terkoordinir. "Agar lebih terkoordinir, kita melakukan pendaftaran serentak se Indonesia," kata Hotlan.

Menghadapi verifikasi oleh KPU, Hotlan yakin DPD dan DPW Perindo di Provinsi Riau bisa lolos dan menjadi Parpol peserta Pemilu 2019. Keyakinan itu dilihat Hotlan dari eksisnya Perindo melakukan pelayanan ke tengah-tengah masyarakat yang bisa membuat kecintaan (masyarakat) melekat. Serta terbentuknya pengurus partai hingga di kecamatan.

"Target, tak perlu banyak cerita. Kita harapkan Parpol ini jadi peserta Pemilu 2019. Masalah kursi mudah-mudahan semuanya berjalan lancar," kata Hotlan.

Untuk penjaringan bakal calon legislatif (Bacaleg), kata Hotlan lagi, baik kader partai maupun luar partai sudah dibuka jauh-jauh hari sebelum ini. Kriteria khusus Caleg Perindo masih menunggu arahan dan petunjuk dari Ketua Umum Perindo, Hary Tanoe.

"Kita masih menunggu verifikasi faktual dan jadi peserta Pemilu 2019. Kriteria khusus kita akan mengikuti petunjuk teknis dari ketua umum," ujar Hotlan.

Disampaikan Rahmat Arifin, sesuai data Sipol, dari Kepulauan Meranti ada sebanyak 1.060 kader Perindo yang didaftarkan, Senin pagi. Hanya saja, masih ada kekurangan berkas KTP dan KTA dan akan kembali diserahkan ke KPU pada, Selasa (10/10/2017). "Masih ada berkas yang harus diserahkan ke KPU," kata Rahmat kepada GoRiau.

Divisi Hukum KPU Kepulauan Meranti Anwar Basri SH mengaku baru Perindo yang menyerahkan KTP dan KTA. Perindo merupakan satu dari 7 Parpol baru di Kepulauan Meranti. Selain Perindo, ada sekitar 18 Parpol yang terdaftar di Kesbangpolinmas Kota Sagu. ***