PEKANBARU - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru mendata banyak pedagang lebih memilih berjualan di luar gedung. Hal ini seperti terjadi di Pasar Tengku Kasim di Jalan Tengku Kasim Perkasa, Kelurahan Rumbai Bukit, Kecamatan Rumbai.

Kepala Disperindag Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, alasan pedagang tersebut dikarenakan sepinya pembeli saat berjualan di luar gedung. Jika mereka berjualan di luar, mereka dikatakan mendapatkan penghasilan lebih besar dan tidak perlu membayar retribusi.

"Mereka mengaku berjualan di halaman pasar, orang lebih gampang belanja. Sama dengan alasan pedagang di Jalan Teratai," ujar Ingot, Rabu (21/4/2021).

Terkait hal itu, Ingot mengatakan bahwa pihaknya sudah meminta koordinasi dengan Satpol PP. Yaitu meminta agar penertiban pedagang segera dilakukan.

"Kami sudah minta kepada Satpol PP untuk menertibkan pasar-pasar kaget itu. Kalau tak ditertibkan, otomatis para pedagang di dalam para pedagang keluar lagi," terangnya.

Ia juga menjelaskan, pedagang lebih baik berjualan di dalam gedung pasar. Hal ini juga untuk menjaga ketertiban, salah satunya ketertiban lalu lintas.

"Makanya, kami minta Satpol PP, agar pasar kaget jangan dikasih izin. Jangan dibiarkan. Agar para pedagang berjualan di dalam pasar," pungkasnya. ***