JAKARTA – Indonesia U-20 menelan kekalahan 1-2 dari Slovakia U-20 di ajang Costa Calida Region de Murcia Football Week. Garuda Muda sempat unggul lebih dulu, namun akhirnya tumbang.

Bermain di Pinata Arena, Sabtu (19/11/2022), Indonesia menurunkan empat pemain keturunan, yakni Rafael William, Zico Jamai, Justin Hubner, dan Ivar Jenner sebagai starter. Garuda Muda berhasil membuka keunggulan di menit ke-28.

Lewat serangan dari sisi kanan, Dzaky Asraf melepaskan crossing mendatar yang disambut oleh Rafael. Sontekan penyerang ADO Den Haag itu sebetulnya pelan, namun tak terjangkau di sisi kiri oleh kiper Slovakia, Samuel Belanik.

Tertinggal satu gol, Slovakia berupaya membalas. Namun Indonesia tampil rapat di lini belakang dan berhasil menjaga keunggulan itu hingga turun minum. Pada babak kedua, Slovakia berhasil bangkit dan menyamakan kedudukan pada menit ke-82. Berawal dari pelanggaran Dzaky terhadap Viktor Sliacky di kotak terlarang, wasit pun menunjuk titik putih.

Timotej Jambor yang masuk di babak kedua maju sebagai eksekutor penalti. Sepakannya berhasil mengecoh kiper Indonesia, Cahya Supriadi yang salah menebak arah bola. Menit ke-83, Slovakia berbalik unggul. Sepakan Damian Kachut dari jarak dekat coba dihalau oleh Hubner, namun masuk ke gawang sendiri. Proses gol itu juga diwarnai cederanya Cahya akibat bertabrakan dengan Kachut.

Indonesia semakin kesulitan usai Hubner mendapat kartu merah akibat pelanggaran terhadap Adam Griger. Situasi itu juga sempat menimbulkan keributan di lapangan, namun berhasil didamaikan. Skor 2-1 untuk Slovakia bertahan hingga usai.

Indonesia U-20 vs Slovakia U-20 merupakan bagian dari ajang Costa Calida Region de Murcia Football Week. Sebelumnya, Indonesia juga bertemu Prancis U-20 pada Kamis (17/11) dan takluk 0-6.

Partisipasi Indonesia di ajang ini merupakan bagian dari persiapan jelang Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 yang akan digelar tahun depan. Harapannya, para pemain Garuda Muda terbiasa menghadapi lawan-lawan tangguh dari Eropa.

Starting line-up:

Indonesia: Cahya Supriadi, Justin Hubner, Dony Tri Pamungkas, Muhammad Ferarri, Dzaky Asraf, Ivar Jenner, Ronaldo Kwateh, Kakang Rudianto, Zico Jamai, Marselino Ferdinan, Rafael William

Slovakia: Samuel Belanik, Damian Kachut, David Ovsonka, Martin Oravec, Samuel Kopasek, Gabriel Halabrin, Samuel Urgela, Mario Sauer, Balint Csoka, Adam Griger, Viktor Sliacky.***