DURI - Untuk yang pertama kalinya peringatan 1 Muharam atau tahun baru Islam sangat meriah dengan diikuti belasan ribu umat muslim di Duri, Kecamatan Mandau, Bengkalis, Riau. Semaraknya acara yang digagas Camat Mandau, Riki Rihardi ini bak acara tingkat kabupaten dan itu diakui berbagai kalangan.

"Setiap tahun ada juga acara tabligh akbar menyambut tahun baru Islam, namun tidak seperti pada acara yang diselenggarakan oleh Camat Riki Rihardi. Kita lihat antusias masyarakat mengikuti tinggi sekali. Sampai tak ada ruang tersisa lagi di halaman kantor camat Mandau ini," kata Mantan KUA Mandau, Charles SAg, Selasa (11/9/2018).

Masih dikatakan Charles yang kini dipercaya oleh Kakan Kemenag Bengkalis sebagai Kasubag TU Kantor Kemenag Bengkalis, momentum 1 Muharam seperti saat ini harus diulang kembali tahun berikutnya. Bila perlu masyarakat muslim lebih banyak lagi ikut berpartisipasi.

Selanjutnya dikatakan Emi, seorang Guru madrasah, pihaknya senang diajak oleh pihak kelurahan ikut berpartisipasi memeriahkan 1 Muharam 1440 hijriah ini. Apalagi selama ini, bisa dibilang, TPA dan MDA menggelar kegiatan 1 Muharam sendiri di lingkungan RW.

"Jadi memang sangat berbaur camat baru ini dengan masyarakat. Buktinya kami kini bisa ikut di acara-acara tingkat kecamatan, bertemu dengan Bupati Bengkalis Amril Mukminin juga dan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bengkalis. Rasanya jalan 3 kilometer saat pawai tadi tak terasa penat kaki ini," kata Emi kepada GoRiau.com.

Selanjutnya, akustik lagu-lagu islami yang dibawakan Nisya bersama grup Alkafah ini juga membuat masyarakat semakin semangat mengikuti rangkaian peringatan 1 Muharam yang dimulai dengan pawai hingga tabligh akbar yang diisi tausiyah oleh ustad Murhalim SAg dari Kota Pekanbaru.

"Kalau lah begini setiap tahun, alangkah indahnya kebersamaan umat muslim. Tidak hanya ramai saat menyambut tahun baru 1 Januari saja, tapi juga semarak dalam menyambut tahun baru Islam. Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada pak Camat Mandau," kata Emi lagi.

Camat Mandau, Riki Rihardi juga tak menyangka kalau masyarakat yang turun memeriahkan tahun baru Islam akan melebihi targetnya yang hanya 5000 jiwa saja. Bahkan ketua panitia acara menyebutkan jumlah masyarakat yang ikut berpartisipasi melonjak hingga 3 kali lipat.

"Saya sendiri juga tidak menyangka bakal sebanyak ini masyarakat Mandau yang hadir. Alhamdulillah, panitia yang menggelar acara ini terbilang sangat sukses. Terimakasih untuk kerjasama lurah, kepala desa, RT, RW, Kader PKK, Posyandu, BKMT, serta sekolah-sekolah dan seluruh masyarakat ," sebut Camat Mandau. ***