PEKANBARU, GORIAU.COM - Kepolisian Resor (Polres) Rohil, berhasil menggagalkan sekitar 30 Kilogram sabu-sabu, Rabu (27/5/2015). Barang haram ini, diselundupkan dari negara Malaysia, yang selanjutnya dibawa melalui jalan Lintas Riau-Sumut, desa Kepenghuluan Teluk Berembun, kecamatan Tanah Putih Rohil. Selain sabu senilai miliaran Rupiah, polisi juga berhasil menangkap dua orang bandar, dimana salahsatunya terpaksa ditembak karena berusaha melarikan diri.

"Sabu seberat 30 kilogram ini kita amankan dari tangan dua orang berinisial AG dan SU. Keduanya adalah warga Medan (Sumatera Utara)," ujar Kapolda Riau Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan didampingi Kapolres Rohil AKBP Subiantoro, Kamis (28/5) siang.

Serbuk haram ini, sambung Brigjen Dolly, diduga berasal dari negeri Jiran Malaysia. Jika dihitung, kisarannya bisa mencapai Rp 60 miliar. Setelah dibawa dari Malaysia, sabu-sabu ini rencananya adakn dipasarkan di Medan Sumatera Utara. "Kita mengetahui pergerakan mereka setelah pelaku terjaring Operasi Patuh yang dilakukan jajaran satuan lalu lintas Polres Rohil, di Kepenghuluan Teluk Berembun," rincinya.

Saat itu, kedua pelaku mengendarai mobil Toyota Avanza bernomor polisi BK 1530 OK, yang dari Dumai. "Saat diperiksa dan dihentikan, mereka sempat terlihat ketakutan dan mencurigakan. Selain itu salahsatunya juga melompat dari mobil dan berusaha melarikan diri ke dalam perkebunan warga," terang Dolly.

Dengan cepat, polisi langsung memburu pelaku hingga sampai menyisir anak sungai, dengan dibantu warga setempat. "Yang kita amankan AG dan SU. Sementara satu pelaku lagi inisial M berhasil kabur dan masih dalam pengejaran. Untuk AG terpaksa dilumpuhkan dengan tembakan terukur di kaki kiri karena berusaha kabur," kata Dolly.

Modus mereka, sambung sang Jendral, dengan menyusupkan sabu dalam bungkus teh celup seberat 30 kilogram. Ada 30 paket bungkusan yang diamankan, dengan masing-masing paket seberat satu kilogram.

"Jajaran Polda Riau sudah berusaha melakukan penjagaan pesisir pantai dengan menempatkan Satuan Polisi Air di area pos tertentu. Namun garis pantai pesisir timur Riau mencapai 370 mil, belum terpantau oleh petugas kepolisian air yang jumlahnya terbatas," tutupnya. (had)