PEKANBARU - Hujan deras yang mengguyur sepanjang Senin (3/8) malam hingga Selasa pagi tadi menyebabkan sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru mengalami banjir. Terpantau GoRiau.com, banjir masih menggenang di Jalan Soebrantas, Kecamatan Tampan hingga menjelang siang, yaitu jam 11.10 WIB. Banjir juga terjadi di Kecamatan Rumbai, disekitar gerbang Universitas Lancang Kuning.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, timnya sudah melakukan normalisasi di sejumlah drainase. Menurutnya, banjir di sejumlah kawasan ini akibat gorong-gorong yang ruangnya terlalu kecil.

"Tadi sudah diperiksa sama anggota, memang ada beberapa gorong-gorong yang posisinya terlalu kecil. Jadi mungkin itu yang akan kita besarkan dulu, supaya aliran airnya dapat lancar mengalir ke Sungai Kampar," ujarnya, Selasa (4/8/2020).

Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Perkim untuk menghubungkan parit di perumahan ke parit-parit utama. Pasalnya, saluran parit yang terputus juga berpotensi menimbulkan genangan, akibat air tidak dapat mengalir.

"Menjelang masterplan penanganan banjir selesai, upaya kita melakukan normalisasi drainase dan anak sungai dulu. Kalau sudah selesai masterplan kita akan rekonstruksi beberapa drainase dan anak sungai agar tidak terjadi banjir lagi," pungkasnya.***