SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Sejumlah tokoh masyarakat lintas etnis di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Provinsi Riau menyatakan sikap untuk mendukung pasangan Syamsuar-Alfendri (SUARA) di Pilkada Siak, 9 Desember 2015 mendatang.

Pernyataan sikap yang dihadiri ratusan massa itu disampaikan saat pengukuhan Tim Pemenangan Pasangan SUARA Koalisi Rakyat Bersatu Kecamatan Tualang di GOR Permata, Kelurahan Perawang, Kecamatan Tualang, Siak, Selasa (11/8/2015) malam di hadapan Syamsuar-Alfedri serta Ketua Tim Pemenang SUARA Kabupaten Siak, Indra Gunawan.

Tokoh Mayarakat Melayu Ismail Amir dalam peryataan sikap mengatakan kepemimpinan Syamsuar-Alfedri selama ini sudah teruji dan terbukti. Sudah sepantasnya masyarakat harus memilih pasangan SUARA ini karena pemimpin yang memiliki kualitas dan kapabilitas.

"Kalau ada yang sudah teruji, kenapa kita memilih yang coba-coba," tutur Ismail mengungkapkan alasan etnis Melayu Tualang memilih pasangan ini.

Tokoh Masyarakat Jawa Kecamatan Tualang Jumangin menilai pembangunan Kabupaten Siak di bawah kepemimpinan pasangan birokrat selama ini cukup bagus. Masyarakat sudah merasakan pelayanan kesehatan dan pendidikan gratis serta bantuan kepada warga kurang mampu.

"Semuanya sudah digratiskan, tak ada alasan bagi kita untuk tidak memilih pasangan SUARA di Pilkada nanti," ujarnya.

Tokoh Masyarakat Aceh di Tualang, Burhan Gayo juga menyampaikan hal senada. "Masyarakat Aceh yang ada di Kecamatan Tualang akan mendukung penuh pencalonan Syamsuar Alfedri. Selama ini mereka tak pernah membeda-bedakan etnis yang ada di Siak ini," jelasnya.

Tokoh Masyarakat Batak Tualang, Simanjuntak menilai, selama memimpin Siak, sudah banyak kemajuan pembangunan yang dilakukan pasangan SUARA.

"Kami sudah melihat bukti nyata dari apa yang sudah dilakukan Pak Bupati kita selama ini. Kalau bukti sudah nyata, ini harus dilanjutkan," teriaknya, saat menyatakan sikap.

Hal senada juga disampaikan perwakilan Masyarakat Minang di Tualang, Ujang. "Tak ada alasan bagi orang Minang untuk tidak memilih Pak Syam di Pilkada nanti. Karena sudah teruji, mari dilanjutkan," jelasnya.

Perwakilan Tionghoa Aseng mendukung pencalonan Syamsuar- Alfendri. Ia mengajak etnis Tionghoa Tualang kembali memilih pasangan SUARA di Pilkada nanti.

Koordinastor Deklarasi Koalisi Rakyat Bersatu Masri menjelaskan tim berasal dari berbagai elemen masyarakat Tualang. Tercatat sebanyak 33 tim relawan yang berasal dari berbagai elemen masyarakat termasuk suku dan etnis yang ada di Kecamatan Tualang.

"Sampai saat ini baru 33 yang menyatakan dukungan, tetapi tidak tertutup kemungkinan, elemen lain memberikan dukungan kepada pasangan SUARA," jelasnya.(nal)