SIAK SRI INDRAPURA -  Taman Penangkaran Rusa di Siak, Riau menjadi salah satu tujuan favoritnya wisatawan yang datang ke Kabupaten Siak. Tapi kini wisatawan bahkan masyarakat mulai sepi mengunjungi belasan Rusa hutan di dalam penangkaran tersebut.

Pengunjung merasa kesal karena sudah berdiri lama di pinggir pagar Taman Penangkaran itu, namun Rusa Hutan tak juga terlihat. Semak belukar yang tumbuh tinggi di dalam penangkaran serta ranting-ranting pohon yang menumpuk membuat kawanan Rusa tak terlihat. 

"Tahun lalu kami ke sini, senang anak-anak karena bisa melihat Rusa dari dekat. Anak-anak serasa berada di Kebun Binatang. Sekarang, Rusanya ga terlihat lagi, karena terlalu semak itu," kata Widiawati, salah satu rombongan club mobil kijang kepada GoRiau.com, Kamis (27/6/2019).

Demikian juga halnya dengan taman di depan Istana Siak. Menurut Widia, rumputnya sudah panjang-panjang tetapi tidak dipotong. Sehingga kaki terasa gatal jika terkena rumput yang panjang itu. 

"Kita kalau datang ke Siak, pasti ke Istana Siak dan foto di setiap spot yang menarik. Begitu foto di luar Istana, sangat tidak nyaman, terganggu oleh rumput yang sudah panjang. Nampak kurang terawat, di sekitar bunga saja juga banyak rumput yang tumbuh," tambahnya lagi.

Kadis Pariwisata Kabupaten Siak, Fauzi Asni melalui Kepala Bidang Destinasi dan Industri Dinas Pariwisata Siak Arie Darmawan saat dikonfirmasi GoRiau.com mengatakan Taman Rusa yang letaknya tidak jauh dari Gedung DPRD Kabupaten Siak ini sebelumnya dikelola oleh Dinas PU Tarukim Bagian Pertamanan. 

Selanjutnya, tanggungjawab pengelolaannya diserahkan ke Dinas Pariwisata Siak pada awal tahun 2019. Sejak pergantian pengelola ini, perawatan yang dilakukan kurang maksimal. 

"Serah terima taman rusa awal tahun 2019 ke Dinas Pariwisata. Petugas dan operasional pakan rusa dilakukan oleh Dinas Pariwisata. Renncana mau diKSPkan ke PT SPE," kata Arie Darmawan.

Ia juga mengakui Dinas Pariwiata Siak masih kekurangan keterbatasan petugas dan alat operasional. "Kami masih kekurangan peralatan mesin rumput, sebelumnya dikelola Pertamanan PU, peralatan cukup," ujarnya lagi.

Mengenai rumput yang sudah mulai meninggi tumbuh di pekarangan Istana Siak, Dinas Pariwisata akan kordinasikan ke petugas taman istana dan bidang pertamanan terkait aset dan pengelolaannya.***