SIAK - Kebutuhan air bagi makhluk hidup memang tidak bisa tawar menawar, karena fungsi air sebagai salah satu sumber kehidupan. Tak heran jika air dari saluran PAM tidak mengalir ke rumah, pelanggan (masyarakat) akan marah. Namun sebelum pelanggan marah menyalahkan instansi terkait, ada baiknya diperiksa dulu saluran air atau water meter pelanggan.

Kabid Cipta Karya, Ahmad Husin melalui Kasi Air Bersih Dinas PU Tarukim Siak, Amir Faizal mengatakan PAM Siak sampai saat ini pendistribusian air bersih masih tetap normal. Tidak ada kendala seperti yang disampikan warga Suak Lanjut dalam akun media sosial.

"Sampai sekarang air PAM nasih tetap mengalir kok, tidak ada kendala apalagi sampai berlumpur seperti aduan warga. Sebab air yang disalurkan ke pelanggan ini sudah melewati proses penyulingan yang teruji. Untuk yang tidak mengalir air di rumahnya, coba dipastikan dulu SR atau water meter di rumahnya dulu sebelum curhat ke medsos," kata Amir Faisal saat dikonfirmasi GoRiau.com, Minggu (17/5/2021).

Dijelaskan Amir, jikapun ada kendala dalam pendistribusian air, itu juga biasanya akan cepat ditangani oleh tim di lapangan. Artinya tidak dibiarkan berlarut-larut. Bahkan untuk pelayanan maksimal PAM ini, juga ada nomor aduan pelanggan.

"Kita punya tim cepat di lapangan yang siap turun langsung saat ada keluhan air warga. Ada kontak aduan pelanggan di nomor 0811 765 1133. Nomor ini juga ada di lembaran kwitansi pembayaran air. Setiap aduan yang masuk melalui kontak itu, termasuk aduan yang kadang kita terima dari media sosial," sebut Amir lagi.

Sebelumnya, salah seorang warga Suak Lanjut, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak datang mengeluhkan air PAM sering tidak hidup. Bahkan saat puasa juga air sering tidak mengalir.

Tidak hanya itu, kadang air yang mengalir juga tidak jernih alias berdedak. Ada baiknya dewan melakukan hearing dengan instansi terkait dan mencarikan solusi agar air dapat mengalir normal. ***