SELATPANJANG - Tahun ini, ada satu formasi CPNS khusus disiapkan untuk KII tenaga pendidik di Kepulauan Meranti. Namun, hasil verifikasi, tak satu pun honorer yang bisa mengambil peluang itu.

Menurut Kepala BKD Kepulauan Meranti Alizar, melalui Sekretaris Bakharuddin, untuk KII khusus tenaga pendidik ada satu formasi. Tenaga pendidik itu akan ditempatkan di lingkungan sekolah negeri Disdikbud Kepulauan Meranti.

Setelah diverifikasi, diakui Bakharuddin lagi, tak ada satu pun yang bisa mengambil peluang itu. Akhirnya, satu formasi khusus KII tenaga pendidik tak bisa digunakan. "Setelah kita verifikasi, tak ada yang memenuhi syarat," ujar Bakaharuddin.

Katanya lagi, bagi honorer sejak 2005 itu, paling banyak terganjal oleh umur maksimal 35 tahun. Kalau pun honorer KII tenaga pendidik ini umurnya di bawah 35 tahun, batas pendidikan (S1) pula yang tak bisa dipenuhi.

"Umur dan tingkat pendidikan yang tak bisa terpenuhi," katanya lagi.

Satu formasi itu dipastikan akan kosong. Selain itu, juga tidak bisa dihapus dan digantikan dengan formasi umum lainnya.

Untuk tahun ini, Kepulauan Meranti membuka 225 formasi CPNS. Diantaranya, 70 formasi tenaga teknis, 62 formasi tenaga kesehatan, 92 formasi tenaga pendidikan, serta 1 formasi khusus KII juga untuk tenaga pendidikan. ***