SELATPANJANG - Satu unit kapal Inka Mina 72 terlantar di perairan pantai Desa Penyagun, Kecamatan Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Kapal nelayan tersebut merupakan kapal bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan kapal berkapasitas 30 GT.

Saat ini hampir lebih kurang 2 tahun terlantar di perairan Desa Penyagun dan hingga kini tidak diketahui siapa pemilik kapal tersebut.

Menurut keterangan Kepala Desa (Kades) Penyagun Muhammad Nur, pada Jumat (12/7/2019) mengatakan kalau kapal tersebut merupakan kapal kelompok nelayan di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kapal itu kapal kelompok nelayan, tapi tidak tahu siapa kelompoknya, sudah dua tahun terbiar di tepi pantai Desa Penyagun," ujar Muhammad Nur.

Dijelaskan Muhammad Nur, dari informasi masyarakat bahwa kapal tersebut sampai di perairan Penyagun dibawa oleh salah seorang warga dari Desa Penyagun.

"Menurut informasi dari masyarakat, kapal tersebut yang membawa ke Desa Penyagun saudara Azmi, yang merupakan warga Penyagun. Tapi beliau jarang pulang ke Penyagun," ungkapnya.

Ditambahkannya, bahwa masyarakat sangat khawatir dengan keberadaan kapal trsebut, karena tidak jelas siapa yang mengurusnya, dan tidak pernah buat laporan ke desa.***