CIANJUR -- Aura Reksa Amalia (13), santriwati Pondok Pesantren Al Ikhlas di Kampung Cimuncang RT 02/04, Desa Mekarsari, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, wafat setelah ditimpa tembok ambruk pada Selasa (28/12/2021).

Dikutip dari inews.id, tembok penahan tanah jalan desa itu ambruk dan menimpa Aura setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut dan mengakibatkan beton penyangga ambrol.

Remaja putri warga Kampung Galonggong RT 03/04, Desa Mekarsari, Kecamatan Cikalongkulon Kabupaten Cianjur itu tertimpa tembok saat menjemur pakaian di Pesantren Al Ikhlas milik Ustaz Aay Nurodin. Tiba-tiba fondasi yang berada di samping korban ambruk.

''Aura (korban) sedang jemur pakaian terus pasang selang, tiba-tiba benteng (tembok) itu ambruk,'' kata Susilawati (16), saksi yang juga rekan korban.

Setelah dilakukan evakuasi, korban dibawa ke Puskesmas Cikalongkulon. Namun di perjalanan korban meninggal dunia. Jenazah korban kemudian dibawa pihak keluarga ke rumah duka. Keluarga korban menolak dilakukan autopsi, dan menyadari bahwa kejadian tersebut adalah musibah.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Rudi Labis Wibowo mengatakan, selain fondasi ambruk menewaskan santriwati, peristiwa itu juga menyebabkan satu rumah milik warga terdampak.

''Pemilik rumah telah kita evakuasi juga ke tempat yang lebih aman. Mengingat intensitas hujan hingga saat ini masih sangat tinggi,'' kata Rudi Labis Wibowo.***