TELUKKUANTAN - Dua hari setelah hari pasar, sampah di Pasar Pangean Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau tak kunjung diangkut oleh petugas kebersihan. Kondisi sampah yang mengeluarkan bau tak sedap sangat meresahkan warga.

Terutama warga yang tinggal di sekitar pasar, mereka sangat tidak nyaman. Seperti yang diungkapkan oleh Jefri Antoni, ST, Anggota DPRD Kuansing yang tinggal di dekat pasar.

"Sudah sangat sering petugas lalai mengangkut sampah. Seperti hari ini, sudah dua hari sampah tak diangkut dan tentunya mengeluarkan bau busuk," ujar Jefri.

Hari pasar di Pangean jatuh pada setiap Hari Jumat. Sampah yang dihasilkan dari aktivitas jual beli tersebut tergolong cukup banyak.

"Jumat pasarnya lagi, sekarang sudah hari Ahad, sampah masih menggunung di Pasar Pangean," kata Jefri.

Karena tak kunjung diangkut, akhirnya masyarakat setempat membakar sampah tersebut. Menurut Jefri, tak seharusnya sampah tersebut dibakar di Pasar. Sebab, Pasar bukanlah Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Harusnya dinas terkait lebih tanggap lagi dalam pengelolaan sampah. Jangan sampai, kondisi ini terus-terusan terjadi," ujar Jefri yang berharap Dinas Lingkungan Hidup (DLH) segera mengangkut sampah di Pasar Pangean.***