JAKARTA -- Banyak orang menyangka sakit pinggang merupakan gejala ginjal bermasalah. Benarkah demikian? Berikut penjelasan dokter ahli penyakit dalam dr Tunggul Situmorang SpPD-KGH.

Dikutip dari viva.co.id, dr Tunggul menyebutkan, sakit pinggang dan sakit ginjal tak saling berkaitan, lantaran gejala penyakit ginjal sangat beragam dan sulit dikenali.

Menurut dr Tunggul, pada penyakit ginjal kronis, kerap tak disertai gejala yang khas, apalagi sakit pinggang. Sebab, tubuh pada dasarnya akan berusaha beradaptasi dengan kondisi yang dialami ginjal.

''Kalau ada 100 orang, 10 mengalami penyakit ginjal dengan berbagai sebab. Sembilan diantara 10 itu enggak tahu kena ginjal kronik karena tidak ada gejala yang membuat orang merasa sakit. Dia terjadi bertahap, badan juga menyesuaikan diri dengan keadaan itu,'' tuturnya dalam acara virtual Kalbe bertajuk Peringatan World Kidney Day, beberapa waktu lalu.

Hal itu yang membuat pasien kerap tak memiliki keluhan. Gejala penyakit ginjal biasanya mulai pada saat memasuki tahap lima, di mana gagal ginjal memasuki kondisi terminal.

Namun, dr Tunggul membantah jika gejalanya berupa sakit pinggang.

''Padahal sakit ginjal pada umumnya sangat banyak dan 90 persen tidak memberikan sakit pinggang. Hanya penyakit batu ginjal yang menyebabkan sakit pinggang,'' kata dia.

Menurutnya, penyakit ginjal merupakan kondisi yang dapat dengan mudah dicegah dengan hidup sehat seperti olahraga yang rutin serta memenuhi kebutuhan cairan yang seimbang.

Selain itu, segera konsultasi apabila memiliki riwayat penyakit ginjal atau faktor risiko seperti hipertensi dan diabetes.

''Sakit pinggang tidak identik dengan sakit ginjal. Sakit ginjal juga tidak bergejala sakit pinggang,'' tegasnya.***