BANDUNGGelandang muda Persib Bandung, Saiful punya kisah menarik dalam mengisi kegiatan di hari raya Idulfitri. Sebelum Covid-19 menjadi wabah di Indonesia, ia kerap diberikan kepercayaan untuk menjadi penjaga rumah dari tetangganya yang mudik ke kampung halaman. 

"Hampir semua warga di sini adalah pendatang, seperti dari Sumedang sama daerah dari Jawa Tengah. Jadi kalau tahun-tahun kemarin, saya suka bantuin tetangga jagain rumah mereka. Saya tinggal di rumah tetangga yang mudik," kata Saiful yang dikutik dari laman klub. 

Karena jumlah rumah yang ditinggal mudik cukup banyak, Saiful juga kerap berkeliling di malam hari untuk memastikan, daerah tempat tinggalnya tidak dijadikan obyek kejahatan. Ia melakukan kegiatan itu bersama sang ibu tercinta. 

"Kalau malam, saya dan mamah keliling lihat kondisi di sekitar rumah sambil bawa alat pemukul. Kalau sekarang kan mudik dilarang, kemungkinan saya tinggal di rumah saja," kata pemain berusia 18 tahun ini. 

Saiful adalah satu di antara beberapa pemain muda potensial yang dimiliki Persib setelah promosi dari Diklat tahun 2020 lalu. Bersama Beckham Putra Nugraha, ia pernah menyumbang trofi juara di kompetisi Elite Pro Academy PSSI U-16 tahun 2018 lalu. ***