SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim meminta kepada seluruh elemen bisa bekerjasama membangun daeran. Dengan begitu, segala permasalahan yang dihadapi bisa diselesaikan.

Demikian dipesankan Said Hasyim saat membuka Musrenbang Kecamatan Tebingtinggi, Senin (26/2/2018).

Kata Said Hasyum, semua elemen masyarakat, aparatur desa, kecamatan hingga kabupaten memang harus saling bekerjasama membangun daerah. Sinergisitas diharapkan, sebab dengan begitu segala permasalahan yang dihadapi baik sosial, ekonomi, keamanan maupun pembangunan infrastuktur dapat diselesaikan.

"Perlu adanya kerjasama dan saling pengertian antara masyarakat dan pemerintah," ujar Sad Hasyim.

Disampaikan Said Hasyim lagi, kerjasama dan kekompakan merupakan menjadi salah satu kunci sukses suatu daerah. Diantaranya kompak dalam penyusunan usulan program startegis pada Musrenbang. 

"Saya harapkan semua elemen masyarakat, kepada desa, lurah, dan camat dapat menyampaikan semua usulan program startegisnya untuk menuntaskan berbagai persoalan di daerah masing masing," ucap Said Hasyim.

Nantinya, tambah Said Hasyim, semua usulan itu akan diteruskan kepada OPD terkait untuk menjadi program prioritas pada tahun 2019 mendatang. Hal itu menurut Said Hasyim sebagai pertanggungjawaban dari Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang dijalankan oleh pejabat teknis di setiap OPD.

Sebab sebagai sebuah Kabupaten termuda dan merupakan termiskin di Provinsi Riau, banyak persoalan yang harus diselesaikan. Seperti disampaikan Kepala Bappeda Meranti H Makmun Murod. Katanya, kondisi Meranti berdasarkanindikator makro yakni angka kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2018 cukup memprihatinkan mencapai 28,9. Untuk itu perlu dilaksanakan berbagai strategi untuk menggesa pembangunan.

Selain itu angka Harapan Hidup di Meranti yang masih rendah berkisar 66,8 tahun, angka pendidikan/ lama pendidikan 12,74, IPM juga masih pada posisi yang rendah berkisar 63,9. "Salah satu penyebabnya tingginya tingkat kemiskinan di Meranti adalah masih banyak potensi sumber daya alam yang belum termanfaatkan dengan optimal. Untuk itu perlu dilakukan berbagai langkah strategis dalam menuntaskannya," kata Maamun Murod.

Dikatakan Said Hasyim lagi, jika pembangunan di desa tidak berhasil, yang gagal adalah Kades dan begitu seterusnya sampai ke atas. Untuk itu semua elemen masyarakat, pemerintahan dari yang terendah hingga Kabupaten harus bersatu padu saling mendukung membangun Meranti menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang. (rls)