JAKARTA -  Shayne Elian Jay Pattynama sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah diambil sumpah janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Selasa (24/1/2023) sore. Dia mengaku berhutang budi sepanjang hidupnya kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Kepada awak media usai menjadi WNI, Shayne mengaku sedih setelah mengetahui jika sosok Iwan Bule yang selama ini meyakinkannya untuk mengubah kewarganegaraan itu bakal tidak ada lagi di organisasi PSSI pasca Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI tanggal 16 Februari mendatang. "Saya sangat sedih mengetahui hal itu," ucap Shayne.

Shayne yang kini tercatat sebagai pemain Eliteserien Viking FK di Liga Norwegia berusia 24 tahun itu pun menyebut jika Iwan Bule itu telah menganggapnya sebagai anak sendiri.

"Saya diperlakukan seperti anaknya sendiri oleh pak Iwan Bule, mulai dari pertama kali berinteraksi bahkan saya sering dihubungi melalui telepon selular. Masih jelas dalam ingata saya dimana beliau menyebut 'Shayne, kita tak sabar menyambut kedatanganmu di Indonesia. Kalau di Indonesia, saya ini sebagai ayah bagi kamu," tutur Shayne.

Meskipun tak lagi menjadi Ketua Umum PSSI lagi nantinya, Shayne menegaskan jika sosok Iwan Bule tetap menjadi ayah baginya, karena dia merasa berhutang budi sepanjang hidupnya.

Menurut pemain yang beroperasi di lini belakang kelahiran Lelystad, Belanda itu, sumbangsih Iwan Bule sangat besar menjadikannya WNI. "Saya sangat bersyukur atas perhatian dirinya kepada saya. Dia sangat membantu saya dalam proses naturalisasi ini. Tanpa beliau, tak mungkin ini bisa terjadi. Seluruh hidup saya berhutang budi kepadanya," pungkas Shayne.

Sementara itu, Iwan Bule selaku Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 itu pun tak menyangkal pernyataan Shayne. Mantan Kapolda Metro Jaya itu pun menyebut jika Shayne sudah dianggapnya sebagai anaknya sendiri. "Sekarang, saya Iwan Bule sebagai ayahmu," ucapnya di depan awak media.

Dua hari ke depan, Iwan Bule menyebut jika Shayne akan kembali ke Norwegia untuk kembali memperkuat Eliteserien Viking FK. Oleh karena itu, Iwan Bule akan mengurus anak dari Henry Eliza Juriaan Pattynama itu untuk memiliki KTP dan paspor Indonesia pada Rabu (25/1/2023).

"Besok kita akan mengurus KTP dan paspor Indonesia untuknya, karena dua hari ke depan dia harus berangkat ke Norwegia untuk kembali memperkuat klubnya. Kita berharap cepat selesai sehingga PSSI bisa bersurat ke FIFA agar Shayne dapat bergabung dengan Timnas Indonesia," ucap Iwan Bule.

Atas suksesnya Shayne Elian Jay Pattynama menjadi WNI, Iwan Bule mengucapkan banyak terimakasih kepada segenap pihak terkait. "Alhamdulillah, saya mengucapkan terima kasih kepada segenap pihak terkait yang mendukung kesuksesan Shayne menjadi WNI. Kepada Presiden RI Bapak Joko Widodo yang memberikan atensi khusus, kepada Komisi III DPR RI, Menpora Zainudin Amali, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly serta segenap pihak yang terkait, saya pribadi mengucapkan terima kasih," pungkasnya. ***