PEKANBARU - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman akan menghadiri ritual budaya mandi Safar tradisi masyarakat Pulau Rupat yang akan dipusatkan di Pantai Tanjung Lapin, Rupat Utara, Bengkalis, Sabtu (5/12/2015) mendatang.

“Pak Plt Gubri akan menghadiri acara mandi Safar di Rupat, Sabtu besok,” ungkap Kepala Biro Humas Setdaprov Riau, Darusman kepada GoRiau.com, di Pekanbaru, Kamis (3/12/2015).

Mandi Safar merupakan tradisi yang diyakini sebagai ritual tolak balak oleh masyarakat Rupat. Melalui iven ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau ingin menggali potensi pariwisata yang ada di Bengkalis.

“Pemprov Riau bersemangat untuk menggeliatkan sektor wisata berbasis budaya, sesuai tagline kita The Homeland of Melayu dan mandi Safar merupakan salah satu iven berbasis budaya yang dimiliki Riau,” papar Darusman.

Sambung Darusman, untuk menyukseskan acara ini, Plt Gubri meminta Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait untuk berpartisipasi aktif dalam mengoptimalkan potensi-potensi yang ada di Bengkalis, khususnya Pulau Rupat.

“Selain Pantai Pulau Rupat yang tak kalah indahnya dengan Bali, Rupat juga memiliki Tari Zapin Api. Potensi wisata budayanya banyak, pak Plt Gubri minta SKPD berperan aktif untuk hal ini," tutup Darusman. ***