PEKANBARU - Vaksinasi Covid-19 di Kota Pekanbaru akan tetap berlangsung saat bulan Ramadhan. Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru menjadwalkan vaksinasi tetap digelar di siang hari, namun kelompok warga juga bisa mengajukan untuk divaksin dimalam hari.

"Menyesuaikan saja nanti. Siang dan malam bisa kita lakukan vaksinasi," ujar Sekretaris Diskes Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih, Kamis (8/4/2021).

Meskipun demikian, Zaini menegaskan bahwa vaksinasi tidak bisa dilakukan setiap malam. Vaksinasi malam hari hanya dilakukan saat ada permintaan.

"Tidak setiap malam, kita adakan malam jika ada yang mau kita vaksinasi. Tapi kalau tidak, siang saja," jelasnya.

Sementara itu, Zaini sendiri mengaku tidak terlalu memahami terkait kemungkinan batalnya puasa jika seseorang divaksin malam hari. Menurutnya hal itu dapat ditanyakan langsung kepada Kementerian Agama (Kemenag) yang dapat menentukan.

Sampai saat ini, Diskes juga masih melakukan vaksinasi bagi gelombang kedua yang memprioritaskan lansia dan pelayan publik. Untuk lansia saja, capaian vaksin gelombang ini masih sekitar 30 persen dari target sasaran sekitar 24.493 orang.

"Sabtu besok akan kita hitung lagi stok vaksin di masing-masing faskes," pungkasnya. ***