PEKANBARU - Kebakaran terjadi di Kota Pekanbaru yang melanda Rumah Makan Asam Pedas Baung yang berada di Jalan Sudirman, Kecamatan Marpoyan Damai. Akibatnya pemilik rumah makan mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah, Selasa (4/2/2020).

Kasi Operasional dan Investigasi Damkar Kota Pekanbaru, Fahriansyah mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 05.25 WIB pagi tadi. Kemudian Damkar Kota Pekanbaru langsung mengerahkan 7 mobil pemadam kebakaran ke lokasi kejadian.

"Jenis bangunan itu permanen dengan luasan 1000 m2. Petugas mulai kerja sekitar pukul 05.44 WIB dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 07.03 WIB," terang Fahriansyah kepada GoRiau.com, Selasa siang.

Fahriansyah menjelaskan, setelah pihaknya berhasil memadamkan api, kemudian melakukan penyisiran, dan pendinginan, tidak ada korban jiwa yang disebabkan oleh kebakaran itu.

"Tidak ada korban jiwa, tapi kerugian materi yang dialami oleh pemilik toko diperkirakan mencapai ratusan juta. Sementara untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian," lanjutnya.

Terakhir kembali Fahriansyah mengimbau, agar masyarakat ataupun pemilik usaha memperhatikan instalasi listrik yang digunakan dan menyediakan alat pemadam api ringan untuk mengantisipasi api membesar sembari menunggu kedatangan petugas pemadam kebakaran.

"Selalu saya mengimbau agar masyarakat menyediakan apar di rumah atau tempat usaha untuk antisipasi dan penanganan awal jika terjadi kebakaran, lalu hubungi petugas damkar. Selanjutnya gunakan instalasi listrik yang SNI karena kebanyakan penyebab kebakaran itu karena terjadinya arus pendek listrik yang menimbulkan api," tutup Fahriansyah. ***