PEKANBARU, GORIAU.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan anggaran sebesar lebih Rp10 miliar untuk memperbaiki ruang kelas sejumlah sekolah yang ada di Provinsi Riau. Setidakanya, agar tidak ada ruang kelas yang seperti kandang kambing.

"Rencana alokasi angaran itu adalah untuk tahun 2013, dimana terdata di Riau ada sebanyak 239 ruang kelas Sekolah Dasar di Riau yang tengah dalam kondisi rusak cukup parah. Bahkan ada yang seperti kandang kambing. Anggarannya disalurkan melalui Dinas Pendidikan Riau," kata Kepala Seksi Sekolah Dasat (SD) pada Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, Zainuddin di Pekanbaru, Jumat (10/5/2013).

Dia mengatakan, alokasi anggaran itu nantinya akan didistribusikan langsung ke sejumlah pemerintah daerah yang memang banyak terdapat ruang sekolah yang rusak.

"Untuk saat ini, menurut laporan yang masuk ke Disdik Riau, ada tujuh kabupaten dan kota yang mendapatkan bantuan tersebut. Hal ini karena dominasi ruang kelas yang rusak cukup banyak dan baiknya segera diperbaiki," katanya.

Terbanyak ruang kelas yang rusak kata dia, berada di Kabupaten Pelalawan yakni mencapai 60 kelas, kemudian Kabupaten Rokan Hilir 46 kelas, Kampar ada sebanyak 43 kelas, Rokan Hulu 27 kelas, kemudian Bengkalis serta Kabupaten Indragiri Hulu dan Kota Pekanbaru masing-masing 21 ruang kelas.

Sementara itu, kata dia, untuk Kabupaten Meranti, Siak, Kuantan Singingi, Indragiri Hilir dan Kota Dumai sudah menyampaikan data ruang kelas yang rusak, namun sedang diajukan ke Pemerintah Pusat.

"Yang pada intinya, karena baru diajukan ke pusat, maka kelima daerah ini tidak masuk dalam rencana alokasi sementara yang diterima Disdik untuk tahun 2013," katanya.

Dia mengatakan, tahun ini Kemendikbud memang menurunkan anggaran untuk program rehabilitasi ruang kelas yang rusak di berbagai wilayah Indonesia termasuk Riau.

"Karena tidak fokus di Riau saja, maka kemungkinan akan dilakukan secara bertahap agar pembanguan bisa merata secara nasional," demikian Zainuddin.(fzr)