TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Wakil Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Rosman Malomo menyebutkan bahwa Negeri yang terletak di selatan Provinsi Riau ini bisa kembali jaya dalam bidang pertanian seperti dahulu kala. Asal para pemuda dan pemudi mau ikut andil memberikan bantuan dengan ikut bertani.


''Kejayaan masa lalu bisa terulang kembali apabila generasi muda mau turut serta untuk melakukan cocok tanam,'' ujar Wabup.


Pemuda Inhil dikatakan Wabup seharusnya tidak melulu ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) apalagi meninggalkan kampung halaman untuk mencari peruntungan di Negeri orang. Pemuda Inhil dikatakannya cukup mau bercocok tanam pasti juga kelak akan menjadi orang sukses.


''Inhil telah dianugrahi lahan yang bagus untuk bercocok tanam, seharusnya ini dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda. Karena sampai kapanpun juga, selama masih ada manusia, selama itu pula dibutuhkan padi yang merupakan hasil dari bercocok tanam,'' sebut Rosman Malomo.


Pemerintah Kabupaten Inhil sendiri dikatakan Wabup telah berusaha semaksimal mungkin untuk menghidupkan kembali sektor pertanian di Inhil, seperti memberikan bantuan alat dan mesin pertanian, mengaktifkan peran kelompok tani dan mempermudah akses permodalan Bankdengan sistem pengembalian uang dan bunga perperiode.


''Kita harap apa yang kita bantu dapat memudahkan petani dalam bercocok tanam, dan yang paling penting peran generasi muda juga sangat dibutuhkan,'' jelas Wabup Inhil. (ayu)