PEKANBARU, GORIAU.COM - Bagi yang ingin mengenal dan rindu akan mantan Gubernur Riau, HM Rusli Zainal (RZ) lebih dekat, masyarakat bisa menjumpainya di Bilik Melayu Pustaka Wilayah (Puswil) Soeman HS Provinsi Riau.

Mulai dari RZ semasa muda hingga jenjang karirnya duduk sebagai Gubernur Riau dalam periode lebih kurang 10 tahun. Ada lemari khusus penyimpan semua cerita mengenai RZ. Dimana semua buku yang berkaitan dengannya tersusun rapi dalam sebuah lemari.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk mendokumentasikan sejarah mengenai RZ. Namun Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Riau, Chairul Riski menegaskan tidak ada perlakukan khusus untuk buku-buku RZ.

Karena semua buku yang berada di bilik melayu Puswil semuanya merupakan tokoh sejarah dan orang-orang penting di Riau. Seperti gubernur-gubernur sebelumnya, para tokoh masyarakat, budayawan, seniman dan lainnya.

"Ini sebagai bentuk apresiasi Pemprov Riau untuk mendokumentasikan Pak RZ (Rusli Zainal, red) dalam membangun Riau lebih kurang selama 10 tahun," kata Riski.

Selain buku tentang Rusli Zainal, di dalam lemari tersebut juga dipajang semua buku yang ditulis RZ. Beberapa judul buku itu antara lain seperti 'Di Mata Mereka', Tentang Riau Tentang Indonesia Kita, Menapak Kemiskinan Merengkuh Kejayaan dan beberapa buku lainnya.***