SELATPANJANG, GORIAU.COM - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Kepulauan Meranti, Senin (12/5/2014) mensosialisasikan program pencegahan penyakit tidak menular ke masyarakat. Sosialisasi itu diiukuti oleh seluruh Puskesmas dan RSUD Selatpanjang.


Dengan mendatangkan narasumber dari Dinas Kesehatan provinsi Riau, sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja para petugas kesehatan dalam melakukan pelayanan serta pencegahan penyakit di masyarakat.
"Perlu kita ketahui bersama, bahwa terjadi peningkatan kasus penyakit tidak menular. Ini berdasarkan surveilans oleh puskesmas dan rumah sakit," ungkap Sekretaris Diskes Kepulauan Meranti, dr Misri Hasanto Mkes kepada wartawan Senin, (12/5/2014) saat sosialisasi.
Dijelaskan Misri pula, bahwa setelah sosialiasi itu, pihaknya akan mengarahkan petugas masing-masing Puskesmas untuk mengsosialisasikan ke masyarakat. Hal itu sebagai langkah pencegahan dan antisipasi dini.
"Sosialisasi ini harus di implementasi ke masyarakat yang dilaksanakan di Posbindu (Pos Binaan Terpadu). Karena Meranti belum memiliki Posbindu, maka untuk sementara kita menumpang di Posyandu Usila (usia lanjut)," jelas dia.
Disebutkan Misri lagi, adapun kategori jenis penyakit yang tidak menular tersebut antara lain yakni, penyakit jantung, kanker, pernafasan kronis, diabetes, hipertensi, dan strok. Semua jenis penyakit tersebut adalah penyakit yang beresiko besar terhadap kematian.(zal)