DURI - Kegiatan rutin tahunan Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis, penertiban gelandangan pengemis dan pengamen jalanan (gepeng) menjelang Ramadan berlangsung di Kecamatan Mandau, Rabu (1/6/2016) sekitar pukul 10.00 WIB.

Razia kali ini diwarnai dengan berbagai perlawanan hingga petugas Satpol PP Kecamatan Mandau kewalahan dalam mengeksekusi kelompok gepeng tersebut.

Orang tua dari 3 kakak beradik yang berhasil diamankan, mendatangi mobil Satpol PP Mandau dan mencaruti seluruh anggota Satpol PP Mandau dan staf Dinas Sosial Bengkalis yang membawa anaknya.

"Hebat kalian tangkap anak aku, apa salah anak aku ngemis, kalian tangkap kami apa bisa kalian nafkahi kami (bercarut-carut tanpa henti)," kata Ayah dari Bagas, Indah dan Adi yang tertangkap mengemis di simpang Polsek Mandau.

Sejumlah titik yang disisir oleh tim gabungan ini adalah simpang geroga, Jalan Hangtuah, simpang Jalan Mawar, simpang Pokok Jengkol dan simpang Polsek Mandau. Sekitar 6 gepeng berhasil diamankan dan diangkut ke kantor UPT Dinas Sosial untuk dilakukan pendataan.

Kepala Dinas Sosial, Darmawi melalui Kabid Rehab Sosial, Sufandi yang memimpin langsung aksi tersebut mengatakan gepeng yang berhasil diamankan akan didata dan diberikan penyuhan oleh Dinas terkait.

"Meskipun penuh perlawanan, kita tetap akan tertibkan gepeng yang jumlahnya kian meningkat jelang Ramadan. Khusus yang masih anak-anak akan kita sarankan ke untuk masuk ke Panti Asuhan dan akan mengikuti pembinaan," kata Sufandi saat diwawancarai GoRiau.com disela kegiatan razia tersebut. ***