PEKANBARU, GORIAU.COM - Di luar prediksi, ternyata begitu banyak minat masyarakat Riau, terkhusus Kota Pekanbaru mengikuti senam sehat yang ditaja Dinas Kesehatan Riau di Halaman Kantor Gubernur Riau, Minggu (17/11/2014).

Sesuai rencana awal, Diskes Riau bersama kabupaten dan kota komit mengumpulkan cap tangan Anti Rokok dari masyarakat sebagai rentetan peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-50 Tahun 2014 ini.

Acara yang dihadiri dan diikuti Staf Ahli Pemprov Riau, H Syamsurizal ini diikuti ribuan masyarakat Pekanbaru dan langsung membubuhkan cap tangan pada spanduk sepanjang 30 meter yang bertuliskan Anti Rokok.

Aksi membubuhkan tapak tangan dengan cat berwarna-warni ini, dilakukan usai menggelar senam sehat. Syamsurizal yang mewakili Plt Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, bahwa kegiatan ini hendaknya dapat dijadikan sebagai momentum agar memiliki pola hidup yang sehat. Tentunya, dengan melakukan olahraga dan menghindari rokok.

"Hendaknya kita jadikan sebagai usaha untuk mewujudkan kesehatan bersama-sama. Dengan kesehatan, kita bisa berbuat segala hal," kata mantan Kepala Inspektorat Riau ini.

Syamsurizal yang pernah menjabat Bupati Bengkalis ini menambahkan, agar semua pihak dapat mendukung kegiatan anti rokok. Sehingga, diharapkan dapat mewujudkan pembangunan kesehatan bagi Bangsa Indonesia umumnya dan Provinsi Riau khususnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau H Zainal Arifin mengatakan, pihaknya optimis aksi cap tangan Anti Rokok ini, untuk memecahkan rekor MURI akan tercapai. Ini dibuktikan, banyaknya masyarakat yang berpartisipasi.

"Alhamdulillah ya, masyarakat begitu peduli dengan kegiatan ini. Mudah-mudahan, target 50 ribu cap tangan akan tercapai," harapnya.

Selain senam dan aksi cap tangan, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan pemberian doorprice yang disediakan panitia. Puncak HKN Ke-50 ini juga menampilkan beberapa stand pameran yang merupakan mitra kerja Diskes Riau.***