YERUSALEM -- Ribuan warga Palestina melaksanakan shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di kompleks Masjid Al-Aqsa, Jumat (13/5/2021).

Dikutip dari detikcom yang melansir Aljazeera, Kamis (13/5/2021), ribuan umat Islam tersebut melaksanakan Shalat Id di tengah aksi bombardir pasukan zionis Israel terhadap wilayah Palestina di Gaza. Sedikitnya 69 warga Palestina di Gaza wafat akibat gempuran Israel, 17 di antaranya anak-anak.

Masjid Al-Aqsa beberapa hari lalu menjadi saksi bisu aksi kekerasan militer Israel. Israel menduduki Kompleks Masjid Al-Aqsa setelah melakukan aksi kekerasan terhadap warga sipil Palestina di wilayah tersebut.

Polisi Israel menyerbu kompleks tersebut pada hari Senin (10/5) waktu setempat. Selama 3 hari berturut-turut, mereka menembakkan peluru baja berlapis karet, granat kejut dan gas air mata ke jemaah Palestina yang berada di dalam masjid pada hari-hari terakhir bulan suci Ramadhan.

Lebih dari 700 warga Palestina terluka di Yerusalem dan di seluruh Tepi Barat yang diduduki dalam beberapa hari terakhir.

Aksi brutal Israel itu memicu ultimatum dari militan Palestina yang menduduki wilayah Gaza, Hamas. Semenjak itu, Hamas dan Israel pun saling melakukan serangan udara. Serangan udara juga dilakukan Israel pada Kamis tadi.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan jumlah korban tewas secara keseluruhan sejak dimulainya serangan mencapai 69, termasuk 17 anak-anak dan 8 wanita pada Kamis pagi. Lebih dari 390 lainnya terluka.

Sementara, dari pihak Israel, setidaknya enam orang tewas termasuk satu anak.***