BENGKALIS, GORIAU.COM - Ribuan siswa mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA mengikuti jalan santai sempena Hari Pendidikan Nasional. Kegiatan yang mengambil start di depan Lapangan Tugu ini dilepas oleh Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh, Sabtu (28/4/2013).

Diperkirakan lebih dari 5.000 peserta mengikuti jalan santai yang ditaja oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis ini. Hadiah doorprize yang disediakan juga tak kalah menarik, mulai dari ratusan paket perlengkapan sekolah, laptop, sepeda, kipas angin dan hadiah utama satu unit sepeda motor. 

Kegiatan ini mengambil start di lapangan tugu dan finish di Lapangan Pasir Andam Dewi. Bupati bersama asisten dan kepala dinas ikut berbaur bersama peserta berjalan kaki sejak awal hingga finish. Kemudian dilanjutkan dengan penarikan door prize di Lapangan Pasir Andam Dewi Bengkalis.

Bupati dalam pengarahan singkatnya mengatakan bahwa Pemkab Bengkalis selalu berkomitmen mewujudkan Bengkalis sebagai kota pendidikan. Kegiatan jalan santai ini merupakan salah satu wujud dari komitmen itu, yakni bagaimana menciptakan sumberdaya manusia (SDM) anak-anak didik yang sehat.

''Untuk mewujudkan Bengkalis sebagai kota pendidikan salah satunya tentu harus didukung SDM yang sehat. Kegiatan yang kita laksanakan pagi ini merupakan bagian dari itu,'' ujar Bupati.

Bupati juga berharap kegiatan ini bisa menjadi pelepas lelah dan menghilangkan ketegangan saraf bagi siswa SMA dan SMP yang telah selesai mengikuti Ujian Nasional. Sementara bagi siswa tingkat SD yang akan menghadapi UN dalam waktu dekat ini, diharapkan untuk mempersiapkan diri secara baik mungkin.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, H Herman Sani di sela-sela kegiatan jalan santai mengatakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2013, pihaknya telah menyiapkan sejumlah agenda kegiatan. Puncaknya nanti adalah upacara peringatan Hardiknas yang digelar tanggal 2 Mei. (jfk)