PEKANBARU, GORIAU.COM - Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau demi mendapatkan aparatur negara yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan birokrasi. Mulau tahun 2015, rencananya sistem perekrutan CPNS Riau akan menggunakan sistem yang berbeda.

Sistem elektronik-formasi (E-Formasi) menjadi solusi terbaik mendapatkan aparatur negara yang kompeten. "Ini akan lebih transparan dan jelas," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, M Guntur.

Sistem E-Formasi ini memberikan kemudahan bagi pemerintah untuk mengetahui formasi-formasi apa saja yang akan dibutuhkan.

Pemprov Riau dapat merancang keperluan formasi CPNS hingga lima tahun ke depan. Begitu juga dengan pergeseran pegawai yang pensiun, selama lima tahun dapat diketahui.

Ditambahkan Guntur, dalam penerapannya, Pemprov Riau akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Sehingga inovasi baru yang dilaksanakan, tetap sesuai aturan dan ketentuan dalam mekanisme sistem birokrasi. 

Untuk mendukung sistim ini, perlu dilakukan kajian akademis. Rencananya, tahun 2015 mendatang, pihaknya akan kajian akademis guna pemetaan keperluan pegawai.***