PEKANBARU - Provinsi Riau berhasil mencapai target perolehan medali emas di h-1 penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Kamis (14/10/2021). Dengan Raihan satu emas dan perak dari Cabang olahraga (Cabor) Renang hari ini, total medali Riau mencapai 21 emas, 20 perak dan 24 perunggu.

Ketua kontingen Riau, Deni Ermanto mengatakan, keseluruhan Riau mencapai target perolehan emas dan berhasil masuk 10 besar Klasemen PON XX Papua, meski tidak berhasil bertahan di peringkat 7 dan harus turun ke peringkat kedelapan.

"Meskipun secara peringkat turun, namun untuk medali emas Riau meningkat dibandingkan PON XIX Jawa Barat yang hanya mengoleksi 18 medali emas," ujarnya.

Deni yang juga Sekum KONI Riau ini menyebutkan meski mencapai target, akan tetap ada evaluasi terhadap cabang olahraga. Baik yang berhasil maupun yang belum berhasil.

"Kita akan evaluasi setiap cabang olahraga. Namun KONI tetap berbangga dengan hasil yang diraih," tegasnya.

Berdasarkan situs games.ponxx2021papua.com, perolehan emas Provinsi Riau, diantaranya 3 emas dipersembahkan oleh Cabang olahraga (Cabor) Dayung di Nomor Kayak Putra 200 meter, Kayak Putra 1000 meter dan Canoe Slalom. Selanjutnya dari Cabor Senam, 3 emas diperoleh dari Nomor Artistik Beregu Putra, Nomor Artistik All Around Putra, dan Senam Palang Tunggal.

3 emas juga dipersembahkan oleh Cabor Anggar dari Nomor Degen Individual Putri, Floret Individual Putra, dan Floret Beregu Putri. Menyusul, Anggar kembali persembahkan emas di Nomor Degen Tim Putri dan Degen Tim Putra.

Serta satu emas dari Panahan di Nomor Fita Compound Perorangan Putra dan Renang di Nomor Akuatik Gaya Ganti Perseorangan Putri 400 meter, satu emas dari Angkat Besi di Nomor 87 Kg Putri.

Kemudian Angkat Berat memperoleh tiga emas di Nomor Putra Kelas 59 Kg, kelas 74 Kg dan kelas 93 Kg, dua emas dari Renang di Nomor Gaya Dada Putri 50 meter dan 100 meter, serta satu emas dari Randori Kelas 65 Kg Putra dan satu emas dari Tinju di kelas 49-52 Kg Putra.

Perolehan perak dipersembahkan oleh Cabor Dayung di Nomor Putri 500 meter dan 200 meter untuk 2 perak. Cabor Senam juga mempersembahkan 5 perak di Nomor Putra All Around, Gelang-gelang, Palang Sejajar, Gawang Putra 110 meter dan Lontar Martil Putri.

Kemudian Cabor Muaythai memperoleh satu perak di Nomor Putri Kelas 43 Kg, Cabor Taekwondo peroleh satu perak di Nomor Putri Over 73 Kg, serta Cabor Anggar peroleh 3 perak di Nomor Floret Individual Putri, Degen Individual Putra, dan Sabel Beregu Putra.

Perak juga diperoleh Aerosport di Nomor F1A (Glider Tarik A2) Putri. Sedangkan Cabor Renang menyumbang 2 perak di Nomor Gaya Punggung Putri 200 meter dan Gaya Dada Putri 200 meter. Ditambah satu perak dari Atletik di Nomor Lontar Martil Putra.

Selanjutnya, Angkat Berat juga peroleh lima perak di Nomor Putri Kelas 47 Kg, 52 Kg, dan 84 Kg serta Kelas Putra 83 Kg dan 105 Kg. Dua perak dari Renang di Nomor Gaya Ganti Perseorangan Putri dan Gaya Kupu-kupu, satu perak dari Atletik di Nomor Lompat Tinggi Putra.

Kemudian untuk perolehan perunggu, diantaranya 2 perunggu dipersembahkan Cabor Senam di Nomor Beregu Putri dan Senam Kuda Pelana. Cabor Wushu juga mempersembahkan 2 perunggu di Nomor Putra Sanda 70 Kg dan Putra Sanda 48 Kg.

Selanjutnya, Taekwondo memperoleh 2 perunggu masing-masing di Nomor Over 78 Kg dan Under 53 Kg Putri, Menembak peroleh satu perunggu di Nomor Individual Putra 25 meter, Cabor Layar juga meraih satu perunggu di Nomor Laser 4.7 Putra, satu perunggu oleh Degen Individual Putra dari Cabor Anggar.

Muaythai peroleh satu perunggu di Nomor 48 Kg Putra dan Renang sumbang satu perunggu di Nomor Gaya Ganti Perseorangan Putri 400 meter. Kemudian, satu perunggu juga akhirnya diperoleh Sepatu Roda dan Sepak Takraw turut menyumbang satu perunggu di Nomor Quadrant Putra.

Satu perunggu juga dipersembahkan Cabor Catur di Nomor Beregu Catur Cepat Putra, satu perunggu dari Billiar di Nomor English Billiar -100 single, satu perunggu dari Tinju di Nomor Putra kelas 46 Kg-49 Kg. Lalu satu perunggu dari Muaythai di Kelas 48 Kg Putra dan satu perunggu dari Kempo di Nomor Randori kelas 55 Kg.

Hari terakhir pelaksanaan PON XX Papua besok, Jumat (15/10/2021) masih ada sebanyak 16 emas yang akan diperebutkan, namun Riau tidak lagi ikut serta dalam pertandingan. ***