JAKARTA - Manchester City harus puas pulang dengan satu poin dari lawatan ke Southampton. The Citizens diredam 1-1 dan terhenti pula rentetan kemenangan mereka.

Manchester City bertandang ke St Mary's Stadium, Minggu (23/1/2022) dini hari WIB dalam lanjutan Liga Inggris. Skuad besutan Pep Guardiola sudah tertinggal di menit ketujuh akibat gol Kyle Walker-Peters.

Man City mencoba memperbaiki efektivitas serangan di sepertiga akhir pada babak kedua. Tapi gol penyama didapatkan dari skema bola mati, ketika tendangan bebas Kevin de Bruyne ditanduk Aymeric Laporte ke dalam gawang.

Tim tamu menciptakan sejumlah ancaman lain di periode ini, tapi gagal mendapatkan gol tambahan untuk membalikkan keadaan. Hasil imbang ini menghentikan rangkaian kemenangan Man City di Liga Inggris di angka 12.

Namun ini tak mengubah posisi mereka di papan klasemen. Man City masih kukuh di puncak dengan 57 poin dari 23 laga, sementara Soton di urutan 12 dengan 25 poin dari 22 pertandingan.

Baca juga: Meski Puncaki Klasemen Liga Inggris, Pemain Man City Tak Berleha-leha

Jalannya Pertandingan

Manchester City memulai pertandingan dan langsung berupaya menguasai permainan. Umpan silang dari Kevin de Bruyne di menit ketiga dihalau oleh Mohammed Salisu.

GOL! Southampton unggul di menit ketujuh lewat serangan dari sisi kanan. Kyle Walker-Peters merangsek dan menyambar umpan Nathan Redmond dengan sepakan voli untuk menaklukkan Ederson Moraes.

Man City terus mendominasi bola, tapi kesulitan menciptakan ancaman serius buat Soton. Skuad besutan Pep Guardiola itu masih belum menunjukkan umpan-umpan akhir yang dibutuhkan untuk menembus pertahanan tuan rumah.

Soton mencetak gol kedua di menit ke-23, namun dianulir. Oriol Romeu membawa bola ke depan dan melepaskan umpan apik yang diterima Armando Broja. Broja menjaga ketenanganannya dan menaklukkan Ederson, tapi ia lebih dulu dalam posisi offside.

Peluang dari Man City di menit ke-35. Raheem Sterling menerima umpan dari Bernardo Silva di dalam kotak penalti, melepaskan diri dari penjagaan, lalu mengarahkan tembakan melengkung dengan kaki kiri. Cuma berakhir tipis di kiri gawang.

Nyaris! Man City menyerang melalui Phil Foden di kiri pada menit ke-39. Umpan silangnya gagal dipotong Romain Perraud, meninggalkan Sterling dalam posisi sangat bebas menghadapi kiper dan gawang. Tapi sepakan mendatarnya terbaca oleh Frasier Forster, yang kemudian menghalau bola menjauh dengan kaki!

Man City beberapa kali mendesak Soton lewat sisi kanan melalui Kyle Walkers. Hanya saja tak berbuah peluang bersih dan babak pertama berakhir untuk keunggulan Soton.

Semenit babak kedua berjalan, Soton menebar ancaman. Korner James Ward-Prowse ditanduk Jan Bednarek dan dihalau Ederson.

Serangan cepat tuan rumah mengancam Man City di menit ke-53. Dipimpin oleh Stuart Armstrong, bola kemudian disodorkan ke Broja. Di bawah tekanan Aymeric Laporte dan Ederson yang bergerak maju, ia melepaskan tembakan. Bola membentur kaki Laporte dan keluar lapangan.

Man City merespons di menit ke-59. Sepakan Rodri dari depan kotak penalti cuma menyerempet atas mistar gawang!

GOL! Man City menyamakan skor di menit ke-65 dari tendangan bebas. Umpan lambung De Bruyne disambar sundulan Laporte yang lolos dari jebakan offside.

Peuang lain dari Man City di menit ke-70. Kali ini sepakan De Bruyne mengenai tiang gawang, meski bola sudah gagal dijangkau Forster.

Dua menit berselang, gantian Gabriel Jesus mendapatkan kans. Sundulannya menyambut umpan silang dari kiri mengenai kiper dan membentur tiang, lalu keluar lapangan.

Serangan dari Soton di menit ke-86 diakhiri percobaan Ibrahima Diallo dari depak kotak penalti. Upayanya, yang sempat membentur pemain Man City, terlalu lemah untuk mengancam Ederson.

Tak ada gol lain sampai pertandingan selesai.

Susunan pemain:

Southampton: Fraser Forster; Romain Perraud, Mohammed Salisu, Jan Bednarek (Lyanco 71'), Kyle Walker-Peters; Stuart Armstrong (Ibrahima Diallo 82'), Oriol Romeu, James Ward-Prowse, Nathan Redmond (Mohamed Elyounoussi 46'); Armando Broja, Che Adams

Manchester City: Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, Aymeric Laporte, Joao Cancelo; Bernardo Silva, Rodri; Raheem Sterling (Gabriel Jesus 60'), Kevin De Bruyne, Jack Grealish; Phil Foden.***