PEKANBARU, GORIAU.COM - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, H Zaini Ismail mengingatkan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau agar benar-benar memprogramkan seluruh kegiatan pada tahun depan sesuai dengan waktu pelaksanaan.

Karena menurutnya, hasil realisasi APBD dan kegiatan pada tahun ini sangat kecil, sehingga peluang Silpa cukup besar nantinya. "Konsepkan program untuk 2015 sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan," kata Zaini kepada GoRiau.com.

Menurutnya, masih terlalu banyak SKPD dengan realisasi anggaran sangat kecil. Termasuk SKPD dengan anggaran yang besar. "Jika benar dan sesuai waktu, realisasi fisik dan keuangan tentu tidak akan terkendala," kata Zaini.

Dirinya mencontohkan seperti Dinas Bina Marga dan Dinas Cipta Karya Riau. Dua dinas yang merupakan pecahan dari Dinas Pekerjaan Umum tersebut termasuk SKPD dengan anggaran paling besar.

Namun realisasi fisik dan keuangannya masih di bawah 50 persen. Hanya beberapa SKPD saja yang bisa mencapai target dan ada yang di atas 50 persen.

"Sejauh ini baru sekitar 50 persen fisik dan keuangan yang sudah terealisasi. Mudah-mudahan menjelang akhir tahun bisa dikebut lagi," harap Zaini.***