TEMBILAHAN-Berbagai cara dilakukan para siswa tingkat SLTA untuk merayakan kelulusan yang telah diumumkan, Senin (13/5-2019), namun berbeda yang dilakukan oleh para siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) An-Nur Kuala Selat (Ankasa) Inhil, dimana mereka merayakannya dengan membaca Al-Qur'an 30 Juz.

Sebanyak 37 siswa dan siswi kelas XII yang dinyatakan lulus 100 persen pun duduk berjejer di pendopo sekolah, mereka melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

"Alhamdulillah. SMK An-Nur merupakan salah satu SMK yang ada dipesisir dan sudah menamatkn 8 Angkatan dan perdana tahun ini melaksanakan UNBK. dan dari 37 siswa semuanya dinyatakn lulus 100 persen," jelas Kepala SMK Ankasa Inhil, Dani Sartika MM kepada GoRiau.com.

Inisiatif untuk merayakan kelulusan dengan hal positif itu dikatakannya muncul karena bertepatan dengam bulan Ramadan

Ads
"Semoga kegiatan kelulusan seperti ini bisa menjadi contoh buat adik-adik karenamerayakan kelulusan itu tidak harus mencoret-coret baju, cukup dengan kegiatan positif," lanjutnya.

Ditambahkannya juga, memang sudah menjadi tradisi di sekolahnyang dipimpinnya tidak merayakan dengan coret-coret baju. Seperti tahun sebelumnya, dikatakannya para siswa merayakannya dengan Bhakti Sosial di Masjid besar di Desa Kuala Selat.

Sebelumnya, perjuangan sekolah yang terletak di Desa Kuala Selat, Kecamatan Kateman, Indragiri Hilir (Inhil) ini sendiri untuk mengikuti UNBK sangan luar bisa, dimana mereka sampai menggantung android dengan bambu di atas seng sekolah.

Hal itu mereka lakukan, karena jaringan di daerah pesisir tersebut masih 2G. Dan akhirnya semua usaha dan tekad yang kuat untuk melaksanakan UNBK itu pun berhasil hingga seluruh siswa dan siswi di SMK tersebut dinyatakan lulus 100 persen.(ayu)