TEMBILAHAN- Rasio kemandirian PAD (Pendapatan Asli Daerah) Inhil masih sangat rendah yaitu hanya sekitar 5 persen. Untuk itu, Bupati, HM Wardan meminta ‎kepada seluruh Pimpinan SKPD untuk lebih proaktif dalam mencari sumber-sumber pendanaan pembangunan di luar APBD kabupaten.

''Banyak skema-skema pembiayaan pembangunan di SKPD Provinsi Riau maupun Kementerian, yang dapat diraih, tentunya dengan kerja keras dari Pimpinan SKPD dan usaha kita bersama baik dari eksekutif maupun legislatif,'' ujar Bupati saat Murenbang RKPD di gedung Engku Kelana Tembilahan, Selasa (15/3/2016).

Agar apa yang diusulkan ke Pemerintah Provinsi maupun Kementerian dapat diterima dan ditindaklanjuti, ia juga meminta pimpinan SKPD agar menyediakan dokumen perencanaan seperti DED (Detail Engineering Design), FS (Feasibility Study) dan Masterplan.

''Dokumen pendukung tersebut penting, karena menunjukan keseriusan kita dalam merencanakan suatu program pembangunan,'' tambahnya.

SKPD juga diminta agar menelaah dan menginventarisir lagi program kegiatan prioritas yang telah diusulkan ke Pemerintah Provinsi maupun Pusat, mana yang sudah dan belum ada dokumen perencanaanya.

''Selanjutnya, untuk program prioritas yang belum didukung dengan dokumen perencanaan agar segera dianggarkan sehingga nantinya apa yang akan kita usulkan sudah dilengkapi dengan dokumen perencanaan dan data yang lengkap,'' tukas HM Wardan.adv