JAKARTA, GORIAU.COM - PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP) berhasil meraih penghargaan Perak (Silver), dalam kegiatan Penghargaan Indonesia CSR Awards (ICA) 2014 yang diselenggarakan oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD) dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jumat (28/11), berlangsung di Balai Kartini, Jakarta.

Demikian disampaikan Corporate Communications PT RAPP, Djarot Handoko kepada wartawan, Kamis (4/12/2014) di Pangkalan Kerinci. Dikatakan Djarot, penghargaan ini merupakan bagian dari pencapaian program yang dilaksanakan sebagai bukti komitmen perusahaan untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat.

''Dalam ICA 2014 ini kita mendapatkan penghargaan silver yang berkompetisi pada sektor Industri dan Manufaktur untuk program yang berjudul "Pengembangan Kelembagaan Lokal: Penguatan Forum Komunikasi dan Usaha Simpan Pinjam 'Binjai Mandiri' di Teluk Binjai, Riau,'' kata Djarot.

Sementara itu, Asian Agri berpartisipasi dalam kompetisi ini di sektor Pemberdayaan Ekonomi dengan program andalan mereka yaitu Program Kemitraan PT Inti Indosawit Subur dengan Asosiasi Kelompok Tani Sawit Swadaya 'Amanah' di Ukui, Riau. Karena pola kerjasama yang unik, implementasi dan pendampingan yang baik oleh tim plasma, dan dampak yang terukur dari program kemitraan tersebut dalam hal peningkatan pendapatan bagi masyarakat, Asian Agri dianugerahi medali Emas oleh Komite Penilai.

PT Toba Pulp Lestari yang berlokasi di Sumatra Utara juga turut berpartisipasi dalam dua program yaitu ''Program Konservasi Lingkungan melalui Pembibitan Evergreen di Taman Eden 100" di kategori program Lingkungan dan "Pembangunan PAUD di Kabupaten Toba Samosir". Masing-masing proyek ini diberi penghargaan Perak oleh Komite Penilai.

Indonesia CSR Awards merupakan kompetisi tiga tahunan bagi program-program CSR inovatif yang diselenggarakan oleh Community Forum for Community Development (CFCD) Indonesia dan didukung penuh oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia. Selain Asian Agri, RAPP, dan TPL, beberapa perusahaan besar lainnya seperti PT Semen Padang, PT Semen Tonasa, PT Badak NGL, PT Astra International Tbk., PT Indocement Tunggal Prakarsa, Bakrie Sumatera Plantation, Kideco, dan PT Antam (total berjumlah 38 perusahaan) juga ikut berkompetisi dalam Indonesia CSR Awards 2014. Tahun ini merupakan kali pertama Asian Agri ikut dan mereka berhasil membawa pulang penghargaan Emas untuk program mereka.

Pencapaian di atas merupakan hasil dari kemitraan yang kuat antara unit-unit bisnis tersebut dengan Tanoto Foundation dalam meningkatkan dan menjalankan program CD/ CSR. Tanoto Foundation mengucapkan selamat kepada manajemen Asian Agri, PT RAPP dan Toba Pulp Lestari atas program CD/ CSR mereka yang berkualitas dan kontribusi mereka atas pengentasan kemiskinan di Indonesia. (rls)