TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Warga di Kecamatan Tempuling, Indragiri Hilir (Inhil) sontak dibuat kaget dengan penampakan buaya di sungai yang berada di kawasan parit 1 Sungai Salak, Kecamatan Tempuling, karena takut membahayakan warga sekitar, akhirnya reptil bertubuh besar itu di amankan di Mapolsek Tempuling.


Salah seorang warga Tempuling kepada GoRiau.com, Kamis (4/12/2014) menjelaskan, penemuan hewan spesies anggota suku Crocodylidae ini berawal saat warga melihat mengambang di sungai parit 1 Tempuling.


''Pada sore Selasa (2/11/2014) itu udah pada heboh warga dengan keberadaan buaya itu, terus malamnya udah dipasang perangkap untuk nangkap buaya itu,'' ujarnya.


Ia juga tidak mengetahui apa penyebab hewan yang jarang menampakan diri disekitar warga itu tiba-tiba muncul diperairan Tempuling. ''Saya tidak tau apa ada hubungan dengan banyaknya ikan yang mati dan mengambang di sungai belum lama ini, tapi ada juga kabar beredar kalo itu buaya yang sengaja dilepas,'' tambahnya.


Saat ini hewan melata tersebut diketahui masih diamankan di Mapolsek Tempuling, dan masih banyak warga yang berdatangan ke Mapolsek untuk menyaksikan langsung hewan bertubuh besar itu.(ayu)