PASIR PANGARAIAN, GORIAU.COM - Puluhan rumah di Desa Babussalam dan Pematang Berangan Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Selasa (28/10/2014) juga direndam air akibat meluapnya Sungai Batang Lubuh.

Hal ini disampaikan Warga Dusun Tulang Gajah, Desa Pematang Berangan Ari Azwindra. Dikatakan, meski hujan tidak turun, namun air yang datang ini, karena meluapnya dari Sungai Batang Lubuh dankemungkinan besar akan semakin besar.

''Ini sudah biasa terjadi jika pada musim hujan, namun warga kini hanya mengungsikan barang-barangnya ke tempat yang lebih tinggi dan aman,'' kata Ari Ezwindra.

Di tempat terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Kabupaten Rokan Hulu Aceng Herdiana mengatakan kalau anggotanya dari Tim Reaksi Cepat (TRC) sudah berada di lapangan, namun hingga belum diketahuinya berapa rumah yang terendam banjir.

''Ini akibat terjadi penyumbatan di hulu sungai Batang Lubuh, tapi hasil laporan angggota saya di Tempat Kejadian Peristiwa (TKP), air naik tersebut sudah berangsur-angsur surut, sesuai pantauan kita kini kondisi cuaca lagi cerah, jadi kita prediksi tidak akan datang banjir besar,'' sebutnya.

Memang, baik di Dusun Tanjung Harapan, Kelurahan Pasir Pangaraian, maupun di Desa Babussalam dan Pematang Berangan tiap tahunya terus mengalami kebanjiran. ''Hingga kini belum ada korban, tapi kita tetap meminta masyarakat untuk waspada," pungkas Aceng Herdiana. (ram)