PEKANBARU - Pulau Pulokak adalah nama sebuah daerah yang turut dilalui aliran Sungai Kampar di Dusun Satu, Desa Alampanjang, Kecamatan Rumbio Jaya, Kampar, Riau. Dengan bentuk dataran sungai yang dangkal serta diwarnai batu-batu sungai kuning keemasan, Pulau Pulokak menjadi tempat rekreasi masyarakat.

Ketika sore hari, apa lagi saat memasuki waktu libur sekolah, Pulau Pulokak selalu ramai dibanjiri anak-anak dan masyarakat sekitar untuk mengisi waktu luang. Banyak kegiatan yang dapat mereka lakukan disana, mulai dari memancing, berpacu sampan, berenang, hingga duduk santai menunggu matahari terbenam layaknya sunset di pantai.

Tak ingin ketinggalan momen, masyarakat pinggiran sungai biasanya menjajakan jajanan seadanya untuk mengais rejeki. Kesempatan itu mereka manfaatkan selagi alam masih bersahabat, sebab awal tahun 2016 lalu, tempat ini sempat dilanda banjir.

"Kalau sore kami sering main kesini. Kadang naik sampan lomba-lombaan sama teman atau berenang. Kalau lagi malas bermain air, kami mancing ikan aja," ungkap salah satu anak asal Pulau Payung, Rumbio Jaya, Kampar, Ahmadi yang mengaku selalu bermain ke Pulau Pulokak.

Sementara itu, saat memasuki bulan Ramadan, Pulau Pulokak dipusatkan menjadi tempat mandi balimau masyarakat sekitar. Balimau Kasai sendiri merupakan kegiatan tradisional masyarakat yang sudah turun temurun dari nenek moyangnya terdahulu. Balimau Kasai artinya mandi dengan menggunakan limau atau jeruk dan wangi-wangian yang dimaksudkan untuk membersihan diri menyambut bulan puasa.

Biasanya, untuk menyemarakkan acara, panitia desa menyiapkan organ tunggal untuk mengiringi lomba-lomba pengisi kegiatan balimau seperti panjat pinang dan lomba berdayung sampan. Semarak ramai di tempat ini selalu terulang dari tahun ke tahun, karena bisa dipastikan seluruh masyarakat Alampanjang dan sekitarnya menjejali Pulau Pulokak saat acara Balimau Kasai.

Bagi anda yang sedang mengunjungi Kabupaten Kampar, tidak ada salahnya singgah ke Pulau Pulokak. Jika ditempuh menggunakan sepeda motor dari Pekanbaru, anda hanya akan menghabiskan waktu kurang lebih 40 menit. Cukup dekat dan terjangkau bukan? ***