PEKANBARU - Pemerintah saat ini sedang menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di Indonesia (PPKM). Tak bisa dipungkiri, adanya PPKM ini membuat sebagian besar masyarakat mengalami stres.

Alhasil, banyak orang melampiaskan stres melalui makan. Sering waktu, kebiasaan ini akan memicu binge eating, yang mengarah pada obesitas.

Apa itu binge eating? Binge eating adalah gangguan kesehatan mental yang mengarah pada kebiasaan makan berulang. Hal ini biasanya ditandai dengan perasaan hilang kendali saat makan dan munculnya rasa bersalah atau malu sesudahnya.

Jika tidak segera diatasi, binge eating bisa memicu obesitas dan masalah kesehatan seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan penyakit kandung empedu. Binge eating bisa diatasi dengan konsultasi ke ahli kesehatan mental.

Namun, kita juga bisa mencegahnya dengan melakukan strategi berikut:

1. Berhenti Membatasi Diri Sendiri

Jika anda melakukan diet ekstrim, tubuh mungkin meresponnya dengan makan berlebihan di kemudian hari. Cara diet seperti ini sebenarnya tidak memberikan manfaat permanen.

Tubuh justru akan mengalami peningkatan nafsu makan yang besar di kemudian hari, yang akhirnya membuat berat badan kembali meningkat. Jadi, jauhi pola diet apapaun yang menerapkan pembatasan makan secara ekstrim.

2. Makan teratur

Melewatkan makan adalah faktor lain yang dapat memperburuk kondisi binge eating. Mirip dengan membatasi kalori ketika diet, melewatkan makan dapat membuat anda ingin makan lebih banyak lagi dan meningkatkan kemungkinan anda untuk makan berlebihan.

Hal terbaik adalah makan dengan teratur agar metabolisme berjalan lancar. Anda juga perlu menjaga asupan protein dan serat karena nutrisi tersebut membuat kita kenyang lebih lama serta menjaga kesehatan pencernaan.

3. Jaga asupan cairan

Menjaga asupan cairan tubuh membantu menekan nafu makan berlebihan. Menurut laporan Very Well Health, minum airputih yang cukup juga membantu kita membatasi asupan kalori berlebihan.

Minum air juga dapat meningkatkan metabolisme dan dapat berkontribusi pada penurunan berat badan.

4. Olahraga dan rileks

Makan berlebihan dipicu leh stres. Kabar baiknya, stres bisa diatasi dengan berolahraga. Melakukan olahraga ringan. seperti jalan kaki selama 30 menit sehari juga membantu mencegah makan berlebihan.

Kita juga bisa melakukan olahraga yoga yang terbukti ampuh mengurangi makan berlebihan. Selain berolahraga, melatih kesadaran, mengikuti latihan pernapasan, dan meningkatkan koneksi pikiran-tubuh dapat meningkatkan relaksasi dan mengurangi stres.

Selain itu, Anda uga perlu tidur yang cukup karena kurang tidur cenderung membuat nafsu makan meningkat. ***