PEKANBARU - Musyawarah Daerah (Musda) I Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) Provinsi Riau Tahun 2019 resmi dibuka oleh Gubernur Riau diwakili oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zein.

Gubri dalam sambutannya yang dibacakan oleh Yoserizal Zein mengatakan, bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyambut baik dilaksanakannya Musda PPJI Provinsi Riau dan berharap organisasi yang bergerak di bidang jasa boga ini dapat mengangkat kearifan lokal kuliner di Riau.

"Banyak kita mengabaikan kuliner yang berasal dari daerah kita ini, namun setelah kuliner kita diklaim oleh pihak lain barulah kita sibuk," kata Yoserizal di Hotel Resti Menara Pekanbaru, Selasa (3/12/2019).

Ia pun menyarankan agar Musda I PPJI Riau juga merumuskan langkah-langkah yang perlu diambil untuk melindungi kuliner Riau.

"Jika di Riau pernah terjadi musibah kabut asap, musibah banjir, maka kita tidak ingin terjadi musibah kuliner," ujar Yoserizal.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Riau yang diwakili Wakil Ketua Kadin Riau, Frans Rizal mengucapkan selamat atas dilaksanakannya Musda PPJI Riau ini.

"Semoga Musda PPJI ini dapat menghasilkan yang terbaik bagi usaha bisnis kuliner di Provinsi Riau," kata Frans.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Musda I PPJI Riau, Rahmat Eddy Wicaksono dalam laporannya mengatakan Musda PPJI Riau adalah representasi amanat dari AD/ART PPJI, sehubungan dengan kepengurusan di organisasi, evaluasi kegiatan dan program kerja DPD PPJI Provinsi Riau yang pelaksanaannya lima tahun sekali.Musda selain memilih Ketua DPD PPJI Provinsi Riau dan menyusun program Kerja dan kegiatan DPD PPJI Provinsi Riau lima tahun ke depan.

"Kami berharap Musda ini berjalan dengan baik dan lancar dari awal hingga akhir acara," kata Rahmat.

Sebagai tambahan informasi, hadir pada acara pembukaan antara lain Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPJI Afrinaldi, Ketua Bidang Organisasi DPP PPJI Budi Priyono, Plt. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PPJI Provinsi Riau Alfa Frisa Septania, Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPJI se-Provinsi Riau, dan undangan lainnya. ***