BENGKALIS- Ketua Partai Gerindra Bengkalis Sy alias UP diamankan Satuan Reserse Narkoba Polres Bengkalis, Senin (5/4/2021). Ia diduga terlibat sebagai pengguna dalam kasus narkotika jenis sabu.

Sebelum mengamankan UP, polisi lebih dulu mencokok dua orang lainnya yang merupakan pengedar. Keduanya adalah Iwan Tato (40) warga Jalan Pertanian dan Ye (42) warga Jalan Sudirman Bengkalis.

Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan mengatakan, kasus ini terungkap setelah petugas melakukan penyelidikan terhadap tersangka IT yang sedang berada di salah satu kafe di Bengkalis.

Tersangka IT diamankan sekitar pukul 21.00 WIB. Saat petugas mengamankan IT, tersangka Ye tiba-tiba datang dan ikut diamankan. petugas juga menemukan barang bukti sabu-sabu dibawa oleh tersangka Ye meskipun sempat dibuang. Dari keduanya, berhasil diamankan 7 gram narkotika jenis sabu dan uang Rp300 ribu.

"Barang itu mereka akui milik Ye pesanan tersangka IT. Dan dari hasil interogasi, tersangka IT mengaku pernah mengonsumsi sabu-sabu bersama tersangka S alias UP," ungkap Kapolres didampingi Kanit I Penyidikan Iptu Toni Armando saat ekspos kasus di Mapolres, Rabu (7/4/2021).

Dari keterangan itu kemudian petugas menggeledah rumah UP dan petugas nihil menemukan barang bukti (BB). Kemudian petugas melakukan pengecekan di salah satu ruko tempat U, ditemukan alat-alat diduga untuk menggunakan narkoba.

"Oleh karena itu ketiganya kita amankan di Polres Bengkalis," kata Kapolres.

Untuk tersangka IT dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) dan 112 ayat (2) UU Narkotika dengan penjara paling singkat 6 tahun maksimal pidana mati. Sedangkan tersangka Ye akan dijerat dengan Pasal 127 ayat (1) sebagai pengguna.

Sementarahasil tes urine terhadap tersangka UP positif mengandung narkoba dan petugas tidak menemukan barang bukti sabu-sabu tersangka UP akan diserahkan ke Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk direkomendasikan menjalani rehabilitasi.

"Saudara UP akan kita kirimkan ke BNN untuk dilakukan rehabilitasi karena tidak ditemukan barang bukti (BB), namun hasil pengecekan tes urinenya positif," pungkasnya.***