PEKANBARU, GORIAU.COM - Tim gabungan dari Kepolisian Daerah Riau dan Polda Kalimantan Selatan menangkap Haji Selamat, pemilik perusahaan investasi Amanah. Haji Selamat buron sejak tiba bulan silam setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus penipuan berkedok investasi uang dengan nilai Rp40 miliar.


Haji Selamat ditangkap oleh tim gabungan di tempat pelariannya di Banjarmasin, Kalsel. Haji Selamat, dengan pengawalan ketat polisi, tiba di Bandara Sutan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau, Senin (25/3/2013).


Haji Selamat ini pemilik perusahaan investasi Amanah yang beralamat di Jalan Mandala Kota Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Dalam melakukan aksi penipuannya, Haji Selamat menjanjikan kepada nasabahnya keuntungan besar berinvestasi uang di perusahaannya. Jika nasabah menyetor uang Rp300 juta akan mendapat keuntungan uang sebesar Rp66 juta rupiah dalam waktu dua minggu.


Kepada polisi, tersangka mengaku dalam waktu satu bulan, dirinya berhasil meraup uang ratusan nasabahnya hingga mencapai Rp40 miliar. Tersangka juga mengakui, untuk menyakinkan nasabah, beberapa orang nasabah pernah mendapat kelebihan uang yang diinvestasikan, yakni Rp366 juta.


Dari pemeriksaan sementara, tersangka melakukan penipuan dengan investasi uang, dimana uang para nasabah diputarkannya dalam bentuk permainan judi. Jika menang, uang itulah yang akan dikembalikan. Namun, jika kalah, uang para nasabah akan hilang begitu saja.


Hingga kini polisi masih memeriksa intensif tersangka dan mencari sindikat penipuan uang dengan kedok investasi yang digeluti tersangka. (mtv)