PEKANBARU - Menjelang pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau menggelar deklarasi pemilu aman, damai, sejuk dan kondusif di Provinsi Riau. Deklarasi tersebut dilaksanakan di Hotel Premier Pekanbaru, Selasa, (4/9/2018).

Acara ini dihadiri Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, ‎Kapolda Riau diwakili Wakapolda Riau Brigjen Pol Drs HE Permadi, Danrem 031 Wira Bima Brigjen TNI Sonny Aprianto, Kabinda Provinsi Riau Marsma TNI Rakhman Haryadi, Ketua PN Riau H Adam Hidayat Abu Atiek, dan Kepala Kejati Riau Uung Abdul Syakur.

‎Selain itu, tampak pula Ketua KPUD Riau dan Bawaslu Riau, Bapilu RI dan jajarannya, para walikota dan bupati di Provinsi Riau, serta para Kapolres/ta jajaran Polda Riau, para Dandim sejajaran Rem 031/WB, Kajari sejajaran Kejati Riau dan undangan lainnya.

Deklarasi yang berisikan komitmen dan kesiapan seluruh elemen undangan acara dan masyarakat untuk mendukung terselenggaranya pemilu, baik Pilpres maupun Pileg 2019, yang aman, damai sejuk dan kondusif di Riau.

Kapolda Riau, yang diwakilkan Wakapolda Riau dalam deklarasi ini mengungkapkan, pihaknya sebagai aparat keamanan negara, sangat mengapresiasi deklarasi Pemilu aman, damai, sejuk dan kondusif ini. Ia pun meminta agar seluruh pihak, elemen masyarakat berperan aktif dalam mendukung terselenggaranya gawe (program) nasional ini. 

"Kita sangat mengapresiasi deklarasi ini, seiring dengan harapan kita semua agar Pemilu 2019, berjalan dengan aman, damai, sejuk, dan kondusif. Untuk selanjutnya saya harap, semua pihak untuk mendukung terselenggaranya gawe nasional ini, mari kita jaga persatuan dan kesatuan, solidaritas serta kerjasama untuk mewujudkannya," ujarnya.

Kemudian, acara deklarasi ini diakhiri dengan penandatanganan deklarasi Pemilu tahun 2019 secara aman, damai, sejuk, dan kondusif di Provinsi Riau oleh Gubernur Riau, bersama Forkopimda Riau,Bupati dan Walikota se-Provinsi Riau, beserta Forkompimda tk II se-Provinsi Riau, dan sesi foto bersama Forkompimda. ***