RENGAT - Pergantian jabatan merupakan dinamika dalam organisasi pemerintah sebagai bentuk pembinaan karir kepegawaian serta sarana penyegaran. Mutasi jabatan tentu memperkaya wawasan dan pengalaman bertugas dan bagi instansi pemerintah kecamatan.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Junaidi Rachmat saat memimpin serah terima jabatan (sertijab) 12 orang camat, Rabu (19/1/2022) di Kantor Bupati Inhu.

"Mutasi ini juga diharapkan dapat menjadi sarana penyegaran suasana di lingkungan kerja," ujar Junaidi.

Junaidi menyampaikan tugas jabatan camat adalah merupakan amanah yang diberikan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Untuk itu, mengingat peran camat yang sangat strategis Junaidi menyampaikan kepada seluruh camat yang hadir pada sertijab tersebut agar mampu berinovasi yang positif serta memberikan masukan kepada Bupati Inhu maupun perangkat daerah tentang potensi yang ada di wilayah kerja masing-masing. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Setelah sertijab, Junaidi berharap agar Camat mampu menjaga kondusifitas di wilayah kerjanya masing-masing. Hal ini bisa dilakukan dengan menciptakan suasana kerja yang kondusif.

"Sebagai seorang pimpinan wilayah, camat tidak hanya dituntut untuk menyelesaikan hal-hal administrasi saja, tapi camat juga harus peka dan mampu menyerap berbagai aspirasi masyarakat serta mampu memberikan solusi terbaik dari berbagai permasalahan di masyarakat," tegas Junaidi.

Tidak lupa ia mengingatkan bahwa camat adalah pelayan masyarakat.

"Camat adalah pelayan masyarakat bukan untuk dilayani sehingga senantiasa harus berada di tengah-tengah masyarakat, serta selalu melakukan koordinasi dengan mitra kerja seperti polsek, koramil dan juga para anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hulu dari dapil setempat," katanya.

Sertijab tersebut merupakan tindak lanjut pelantikan pejabat eselon yang digelar oleh Pemkab Inhu pada Jumat (14/1/2022) malam lalu.

Terdapat 12 camat se Kabupaten Inhu yang posisinya digantikan oleh pejabat baru, yakni Camat Rengat, Camat Kuala Cenaku, Camat Seberida, Camat Batang Cenaku, Camat Batang Gansal, Camat Pasir Penyu, Camat Lirik, Camat Lubuk Batu Jaya, Camat Kelayang, Camat Peranap, Camat Rakit Kulim, dan Camat Batang Peranap.***