SELATPANJANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau telah mengajukan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 sebesar Rp35 miliar.

Divisi Parmas dan SDM KPU Kepulauan Meranti, Hanafi, mengatakan anggaran untuk Pilkada 2024 sudah diajukan kepada pemerintah setempat. Nilai yang diajukan lebih besar dari pelaksanaan Pilkada Kabupaten Kepulauan Meranti 2020 lalu.

"Besarannya naik Rp12,2 miliar dari tahun lalu Rp22,2 miliar," kata Hanafi, Rabu. 

Rencana kebutuhan biaya (RKB) tersebut, lanjut Hanafi, sudah sesuai ketentuan pilkada bahwa penyelenggaraannya menjadi beban APBD Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti. Berbeda dengan pemilihan umum yang diakomodir langsung oleh APBN pemerintah pusat melalui KPU RI.

Ia mengaku meningkatnya RKB dominan disebabkan oleh kenaikan terhadap besaran honorarium petugas ad hock seperti Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), hingga  Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP).

"Pilkada sebelumnya itu Ketua PPK hanya menerima Rp1,8 juta, sedangkan anggota Rp1,6 juta. Kalau ke depan Ketua PPK itu naik menjadi Rp2,5 juta, sementara anggota bisa menerima Rp2,2 juta per orangnya. Begitu juga dengan petugas ad hock yang lain,” jelas Hanafi.

Menindaklanjuti arahan KPU RI, Hanafi mengungkapkan usulan tersebut persisnya diajukan awal tahun kemarin kepada pemda melalui Bagian Kesbangpol Setdakab Kepulauan Meranti. 

Seperti diketahui tahapan Pilkada Kabupaten Kepulauan Meranti mulai dilaksanakan pada November 2023 mendatang. Sementara masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti berakhir pada November 2024.

Menanggapi hal itu, Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Adil menyebutkan usulan pengajuan anggaran oleh KPU tentunya telah dibahas oleh tim anggaran pemerintah daerah (TAPD). Jika sudah rampung akan lanjut kepada naskah perjanjian hibah daerah (NPHD).

"Yang jelas kita mau pesta demokrasi itu lancar tanpa sedikitpun hambatan. Makanya hal ini masuk dalam skala prioritas," bebernya.***