PEMATANG REBA, GORIAU.COM - Madrasah Aliah Negri (MAN) Rengat yang berlamat di Jalan Ahmat Tahar, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) patut diacungi jempol, pasalnya sekolah tersebut mampu menumbangkan ribuan sekolah sederajat SMA lainnya yang ada di 33 Provinsi di Indonesia.

Dimana saat ini, Kelompok  PIK Remaja MAN Rengat mampu berada pada posisi 6 besar dalam pemilihann PIK Remaja se-Indonesia dan mewakili Provinsi Riau di tingkat nasional.

Hal ini berdasarkan hasil penilaian yang dilakukanoleh BKKBN Pusat yang diketuai Witri Windrawati,SE. Demikian diungkapkan Ketua Tim penilai PIK Remaja Riau Yasni, S.IP didampingi Kepsek MAN Rengat Dra Maryam Yunus yang akrab disapa Meri kepada wartawan di Pematang Reba.

Disebutkannya, ada 3 tahapan yang dinilai oleh BKKBN pusat terhadap PIK Remaja ini yaitu tahap Tumbuh, Tegak dan Tegar, ini juga dibagi dalam 3 kriteria seperti Pengetahuan atau Materi PIK, yaitu tentang program generasi berencana, salah satu subtansinya yaitu tentang pendewasaan usia perkawinan dan tiga resiko bagi remaja seperti resiko Seks Bebas dan HIV AIDS.

Sedangkan untuk kriteria kegiatan atau penyuluhan yaitu, melakukan konseling kepada teman sebaya, melakukan penyuluhan dan rencana penyuluhan yang akan dilaksanakan oleh kelompok PIK terebut.

Dalam kriteria sarana, tim akan menilai apakah kelompok ini sudah memiliki sarana yang lengkap, seperi ruangan khusus untuk PIK, papan nama tanda pengenal serta konsuler sebaya yang serasi, karena diharapkan dapat memberikan informasi konseling kepada teman sebayanya, sebutnya Yasni.

Maka dari itu, kita dari BKKBN Provinsi melihat bahwasanya MAN Rengat inilah yang layak dijadikan perwakilan Prov Riau ditingkat Nasional. Dan ternyata dari 33 provinsi yang ada, Riau yang diwakili MAN Rengat layak untuk dikunjungi dan masuk dalam 6 besar kelompok PIK Remaja se Indonesia.

''Dari 6 besar ini kita harapkan kita menjadi yang terbaik secara nasional, karena hal ini prestasi yang sangat membanggakan terutama Provinsi Riau secara umum.  Nantinya kepada kelompok PIK yang terbaik atau juara nasional, akan mendapatkan penghargaan dari Presiden RI dan diserahkan pada Hari Keluarga Nasional di Kendari Sultra. PIK Remaja ini adalah berbentuk kelompok yang terdiri dari pendidik sebaya dan konsulat sebaya antar sesama pelajar disekolah ini,'' jelas Kasubid Bina Ketahanan Remaja BKKBN Riau itu. (jf)