SELATPANJANG - Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, membuka secara resmi kegiatan Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Ijazah Pegawai Negeri Sipil Dilingkungan Pemkab Meranti, kegiatan dalam rangka menguji kemampuan dan kompetensi PNS sebagai pertimbangan untuk kenaikan pangkat atau golongan itu, dipusatkan di Aula Afifa Sport, Selatpanjang, Kamis (22/8/2019).

Turut hadir bersama Sekda Kabid Kepegawaian BKD Provinsi Riau T. Faizal, Sekretaris BKD Meranti Drs. Bakharuddin M.Pd, Staf Ahli Bupati Meranti Drs. Askandar, Kasatpol PP Meranti Helfandi SE M.Si, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Drs. Idris Sudin, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Kabid Mutasi Riki, Kabid Kepegawaian Said Sholahuddin dan sejumlah Pejabat Esleon III, serta para peserta ujian kenaikan pangkat.

Seperti dijelaskan panitia pelaksana Sekretaris BKD Meranti Bakharuddin, kegiatan ini untuk mengetahui tingkat kompetensi dan kemampuan PNS yang ingin naik pangkat atau golongan sehingga managemen kepegawaian berjalan dengan baik.

Kegiatan ini diikuti oleh 101 peserta dengan rincian Ujian Dinas Tk I sebanyak 10 orang, Tk II sebanyak 4 orang, Penyesuaian Ijazah SI sebanyak 84 orang, Ijazah SLTA sebanyak 3 orang.

Menyikapi itu, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini untuk memberikan kesempatan kepada PNS yang sudah memenuhi syarat untuk naik pangkat maupun penyesuaian ijazah. Dengan ujian tersebut pimpinan dapat mengevaluasi kapasitas dan kemampuan dari PNS untuk direkomendasikan naik pangkat/golongan.

"Ini salah satu upaya untuk melihat kapasitas dan kompetensi dari PNS dilingkungan Pemkab Meranti, ini juga untuk membuktikan apakah PNS benar-benar mampu naik pangkat/golongan," jelas Sekda.

Agar ujian yang dilaksanakan berjalan sesuai harapan, Sekda berharap kepada peserta untuk mengikuti dengan baik agar apa yang diharapkan peserta dan Pemkab Meranti dapat terwujud.

"Semoga apa yang diharapkan Pemkab Merati dalam menyiapkan SDM berkualitas kedepan dapat berjalan sesuai harapan," ucap Sekda. 

Terakhir Sekda mengingatkan bahwa dibalik pangkat terdapat taggungjawab dan kewajiban, untuk itu PNS bersangkutan harus dapat menjalankan tugas dengan baik dan dapat membuktikan kalau dirinya layak yang dibuktikan dengan disiplin diri. 

"Dalam bertugas yang paling utama adalah dsiplin jangan sampai golongan dan pangkat naik tapi tidak bisa menunjukan disiplin, saya berharap kepada semua peserta dapat lulus," pungkas Sekda. (rls)