DURI - Selain wajib paham dengan aturan baris berbaris, setiap personil Komando Inti (Koti) Pemuda Pancasila MPC Bengkalis juga wajib tahu tentang wawasan kebangsaan dan bela negara.

Untuk itu, Koramil 04/Mandau yang dipimpin Kapten Inf Y Mendrofa memberikan pembekalan khusus kepada 25 personil Koti PP MPC Bengkalis, Selasa (5/2/2019) di Markas Koramil 04/Mandau. 

Tiga Mentor yakni Batuud Serma Amiruddin, Serka Suprapto dan Serka Eron selama 1 hari penuh akan memberikan pembekalan tersebut kepada anggota Koti PP agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Materi Pancasila menjadi pokok bahasan dalam kegiatan tersebut, dengan titik berat pada pengamalannya. Seperti sikap toleran dan saling menghormati antar pemeluk agama dan keyakinan yang sangat beragam dan lain-lain.

Pada materi bela negara, para mentor juga menekankan bahwa itu hak sekaligus kewajiban bagi setiap warga negara. Melalui bela negara dapat mewujudkan kehidupan masyarakat yang tertib, aman dan damai serta untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

"Kami senang mendapat pembekalan pengetahuan wawasan kebangsaan dan bela negara. Ditambahlagi dapat penyegaran tentang baris berbaris," kata Ade Sekjen Koti PP MPC Bengkalis kepada GoRiau.com.

"Inti dari pembekalan yang kami dapat hari ini, walaupun kita terdiri dari bermacam macam suku tetap harus menjaga persatuan dan kesatuan, dan menyaring setiap berita atau kabar yang diterima (menolak HOAX)," tuturnya lagi. ***